PADANGSIDEMPUAN - Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution menyambut penuh suka cita hibah tanah dari masyarakat Desa Simatohir, Kecamatan Padang Sidempuan Angkola Julu kepada Pemerintah Kota Padang Sidempuan, Kamis (31/3/2022).

Irsan Efendi menyampaikan, kehadiran warga Simatohir hari ini bak gayung bersambut setelah Gubernur memberikan pengarahan Pariwisata dan Pemkot Padang Sidempuan melaksanakan pencanangan Desa Simatohir dan Desa Simasom sebagai Desa Wisata pada Tahun 2021 kemarin.

"Atas nama Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Padang Sidempuan kami ucapkan terima kasih kepada seluruh warga Simatohir," kata Wali Kota Irsan.

Lanjut Wali Kota Irsan menambahkan, dengan momentum ini pemerintah kota di mudahkan dalam sinergi percepatan pariwisata di Kota Padang Sidempuan ini serta mengekspos kearifan lokal khususnya di Kecamatan Angkola Julu. Apabila sudah bertahap pembangunan pariwisata ini pemerintah kota juga berkeinginan untuk membangun Bagas Godang (Rumah Adat Khas Angkola) milik pemerintah di desa Simatohir.

“Adapun bantuan dari Pemprov dan kementerian terkait akan lebih mudah datang apabila administrasi keseluruhuan terpenuhi, salah satunya tersedianya lahan yang bersertifikat," ujar Wali Kota Irsan.

Lebih lanjut Wali kota Irsan juga menyampaikan, ikhtiar yang kita lakukan ini juga sejalan dengan yang disampaikan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi pada Musrenbang Provinsi Sumatera Utara kemarin.

"Beliau (Edy Rahmayadi) mengingatkan para Bupati/Walikota serta seluruh OPD terkait tentang visi pembangunan Sumut, yakni membangun desa menata kota. Ada delapan prioritas target capain yang harus dikejar dalam mewujudkan hal tersebut salah satunya membangun infrastruktur wisata. Maka ini adalah bentuk Komitmen Pemkot Padang Sidempuan mendukung Visi Misi Gubernur Pak Edy Rahmayadi mewujudkan Sumut Bermartabat," ungkap Wali Kota Irsan.

Sementara, salah satu tokoh masyarakat Simatohir Parlaungan Pohan menyebut tanah yang dihibahkan masyarakat Desa Simatohir ini, sebidang tanah adat seluas 6000 m2 adalah keinginan dan antusiasme warga Simatohir telah dicanangkan sebagai Desa Wisata Rintisan beberapa waktu lalu.

"Kami juga bersepakat apabila sudah jalan proses pembangunan di desa ini, kami akan berikan lagi 2 hektar untuk pemerintah kelola," kata Parlaungan Pohan.

“Kami warga Simatohir yakin, pada kepemimpinan bapak Wali Kota Irsan Efendi Nasution akan membawa perubahan dan kemajuan di Desa Simatohir khususnya, dan Kota Padang Sidempuan pada umumnya, sehingga akan banyak wisatawan yang akan datang ke tempat kami," ujar Parlaungan Pohan.

Pada acara tersebut turut dihadiri Sekretaris Daerah, Kadisporapar, Kadis PMD, Camat Padang Sidempuan Angkola Julu, Sekretaris Baplitbangda, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Kepala Desa Simatohir, Tokoh Masyarakat Simatohir dan NNB Simatohir.