PALAS - Pemkab Padanglawas (Palas) meraih penghargaan peringkat I dalam realisasi anggaran belanja tahun 2021 dari Pemerintah Provinsi Sumut.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyerahkan piagam penghargaan tersebut kepada Plt Bupati Padanglawas,
drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi atas pencapaian terbaik pertama dari 10 kabupaten/kota terbaik di Sumut.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Palas, Yenny Nurlina Siregar SP mengatakan, penyerahan piagam penghargaan itu, disela kegiatan Musrenbang Provinsi Sumatera Utara, di Hotel Santika Dyandran Medan, Rabu (30/3/2022).

Dikatakan, realisasi anggaran belanja Pemda Palas 2021 sebesar Rp1.145.757.571.593 dengan capaian realisasi Rp1.077.314.312.498. atau sekitar 94,03%.

Sementara peringkat terbaik II diraih kabupaten Tapanuli Selatan 93,91 % disusul kabupaten Nias Barat dengan capaian realisasi 93,02 %.

“Piagam penghargaan yang kita terima merupakan hasil kerja keras seluruh tim BPKAD untuk pencapaian realisasi tersebut," katanya.

Ia menambahkan, pencapaian itu atas optimalnya kinerja semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam melaksanakan program prioritas untuk mewujudkan visi-misi Palas Bercahaya.

"Hal itu sejalan dengan prioritas pembangunan Palas 2021 yang telah bersinergi dengan prioritas nasional dan prioritas pembangunan Provinsi Sumatera Utara," tambahnya.

Dimana, Prioritas dan arah kebijakan pembangunan Palas 2021 yakni, mempercepat pemulihan kesejahteraan masyarakat didukung peningkatan kualitas hidup dan kapasitas sumberdaya manusia.

Sementara, arah kebijakan alokasi belanja daerah sesuai RPJMD Palas 2020-2024 yang merupakan tahun kedua dengan arah kebijakan mengurangi pengangguran dengan menciptakan kesempatan kerja dan berusaha, meningkatkan kualitas hidup dan kapasitas sumberdaya manusia, penguatan kapasitas ekonomi rakyat secara berkelanjutan.

Selain itu, kata Yenny, mewujudkan ketahanan pangan dan energi, pengurangan kesenjangan wilayah dengan peningkatan kualitas infrastruktur dan pemantapan tata kelola yang baik dan bersih.