MEDAN - Aparat Sipil Negara (ASN) Kecamatan Labuhan Deli diedukasi dan diberikan pemahaman tentang diabates melitus (DM). Kegiatan yang digelar, Senin (28/3/2022) di Kantor Camat Labuhan Deli bertema 'Ceramah diabetes melitus (DM) untuk orang awam (masyarakat) Labuhan Deli dan cek gula darah gratis, diikuti sedikitnyz 50 peserta seperti staf, kepala dusun dan juga perangkat desa.
 
Acara ini menghadirkan narasumber Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (Parsadia) Cabang Medan, Dr Drs H Syafruddin Ritonga MAP yang juga dosen Fisip & Pasca sarjana Psikologi & MAP Universitas Medan Area (UMA).
 
Camat Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang, Eddy S Siregar STTP MAP, menyambut baik dan sangat mengapresiasi kegiatan ini . 
 
Sebagai camat yang baru menjabat dua bulan, Eddy mengaku sangat memberikan atensi mengenai kesehatan stafnya.
 
"Jadi apa yang disampaikan hari ini merupakan ilmu yang memang sangat yang dibutuhkan, apalagi di musim pandemi Covid-19 saat ini," ujarnya. 
 
Memang akunya untuk tingkat kesehatan, Kabupaten Deli Serdang yang memiliki 22 kecamatan, Labuhan Deli menjadi salah satu wilayah yang tingkat kesehatan yang baik. 
 
Meski demikian, untuk kepekaan warga terhadap kesehatan masih minimnya, khususnya mengenai diabetes. Sehingga pihaknya bermohon melalui UMA untuk diberikan edukasi.
 
Sementara Drs H Syafruddin Ritonga MAP dalam kesempatan menyebutkan pentingnya untuk mengenali gejala diabetes secara dini. Selain itu juga siapa saja yang beresiko diabetes, serta bagaimana menyikapi dan seperti apa upaya pencegahannya bagi penyandang diabetes. 
 
Untuk diketahui, saat pemeriksaan gula yang diikuti para peserta, hanya dua pegawai yang ditemukan yang memiliki penyakit diabetes.