PALAS - Plt Bupati Padanglawas (Palas) drg H.Ahmad Zarnawi  Pasaribu CHt MM MSi menghadiri pertemuam koordinasi tim pelaksana daerah rencana aksi provinsi perkebunan kelapa sawit berkelanjutan (RAP-KSB) Sumatera Utara,di Hotel JW Mariot Medan, Selasa (22/3/2022). Kegiatan pertemuan koordinasi tim pelaksana daerah dibuka secara resmi Wakil Gubernur Sumut, H Musa Rajekshah SSos MHum.
 
Kegiatan ini juga dirangkai dengan penandatanganan dukungan Bupati se Sumut terhadap pelaksanaan rencana aksi perkebunan kelapa sawit berkelanjutan provinsi Sumut.
 
Wakil Gubernur Sumut, berharap, untuk limbah kelapa sawit menjadi perhatian semua pihak khusus pihak perusahaan perkebunan agar tidak menjadi preseden buruk bagi dunia internasional.
 
"Limbah pabrik kelapa sawit menjadi perhatian serius pemerintah daerah dan pihak perusahaan agar tidak menjadi preseden buruk dimata dunia perdagangan internasional," harapnya.
 
Menyikapi arahan Wakil Gubernur Sumut, Plt Bupati Padanglawas mengatakan pemerintah Kabupaten Palas komitmen mendukung aksi rencana perkebunan kelapa sawit berkelanjutan di Sumut.
 
"Saya akan menginstruksikan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutan(DLHK) Kabupaten Palas untuk menanggani prioritas masalah limbah dalam mendukung pelaksanaan rencana aksi perkebunan kelapa sawit berkelanjutan provinsi Sumut," katanya.
 
Dikatakan, pemerintah daerah konsisten dalam mengatasi permasalah limbah kepala sawit agar tidak menimbulkan dampak negatif dan tidak menjadi preseden buruk di dunia internasional," terangnya melalui telepon seluler kepada GoSumut.
 
Kata Plt Bupati menambahkan, pihak pemerintah Kabupaten Palas akan mengundang semua perusahaan yang bergerak dibidang pengelolaan kelapa sawit agar melaksanakan pengelolaan limbah dengan baik sesuai ketentuan dan aturan yang telah ditetapkan pemerintah.
 
Ia juga berharap, pihak perusahaan yang bergerak dibidang  perkebunan kelapa sawit dapat berkontrubusi untuk menjaga lingkungan hidup dengan menjaga pengelolaan limbah yang tidak menimbulkan dampak merusak ekosistim lingkungan dan lainnya.