PALAS - Kondisi gorong-gorong yang amblas di Jalinsum Sibuhuan – Hutaraja Tinggi semakin memprihatinkan dan tidak ada upaya perbaikan dari pihak Dinas PU Provinsi Sumut. Akibat ketidak pedulian pihak pemerintah Provinsi Sumut,masyarakat dan pengusaha berinisiatif untuk  memperbaiki gorong-gorong pecah dan Ambruk dijalinsum tersebut tepatnya di Desa Mananti, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padanglawas (Palas), Selasa ( 22/3/2022).
 
Kerusakan  gorong – gorong  badan jalan tersebut dikhawatirkan membuat pengguna kendraan yang melintas di Jalinsum akan mengalami kecelakaan, karena lambatnya penanganan jalan tersebut oleh pemerintah.
 
Camat Hutaraja Tinggi, Sudaryono mengatakan telah melakukan perbaikan jalimsum pada gorong -gorong di Desa Mananti bersama masyarakat dan donatur, baik secara pribadi maupun dengan para pengusaha yang berdomisili di daerah ini.
 
“Atas nama pribadi dan pemerintah Kecamatan  mengucapkan terimakasih kepada pihak -pihak yang telah membantu demi kelancaran transportasi di jalan yang rusak ini," katanya.
 
Dikatakan,  pihak perusahaan yang ikut berpartisipasi perbaikan jalan tersebut diantaranya  PT Pernata Hijau Group(PHG) ikut membatu dalam menangani jalan rusak bersama  masyarakat membantu bahan Pasir dan sertu,” ungkap Sudaryono.
 
Salah seorang warga, Abdurahim Siregar warga  Desa Rotan Sogo mengatakan, sangat kecewa sudah tiga minggu kerusakan Jalinsum ini terjadi dan sudah berulang kali disampaikan kepada dinas instansi terkait. 
 
Bahkan ia mendengar di mediapun sudah sering diberitakan untuk segera diperbaiki, tapi hingga saat ini belum juga diperbaiki dan terkesan tutup mata terhadap keserahan pengguna jalan umum.
 
“Sudah banyak keluhan penguna jalan  soal jalinsum yang ada di daerah ini, banyak titik kerusakan dibadan jalan dengan kondisi  berlubang yang memicu tingginya angka kejadian lakalantas di daerah ini," bebernya.
 
"Kami sebagai warga memohon sedikit perhatian pemerintah provinsi Sumut dengan kondisi jalan yang rusak ini,apalagi mendekati bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri pasti banyak pengendara yang melintas di  Jalinsum Sibuhuan menuju perbatasan Riau," ujarnya.
 
Abdulrahim berharap, pemerintah jangan tutup mata dengan persoalan jalinsum yang rusak parah ini hanya sekedar untuk memperbaiki sebelum jatuh korban jiwa yang terperosok kedalam lubang. Karena kondisi kerusakan jalinsum ini sudah sangat mengganggu dan timbulkan kemacetan lalu lintas bagi penguna jalan.