JAKARTA - Kementerian Luar Negeri menyatakan berhasil mengevakuasi 9 warga negara Indonesia (WNI) asal Binjai Sumatera Utara dari Kota Chernihiv di Ukraina. Total yang sudah berhasil dievakuasi menjadi 133 orang.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan proses evakuasi WNI dari Chernihiv terus dilakukan dalam 22 hari terakhir. Adapun, baru pada Jumat (18/3/2022), para WNI tersebut berhasil dievakuasi melalui jalur Kyiv, kemudian ke Lviv dan seterusnya menyeberang ke wilayah Polandia.

Menlu mengatakan berbagai skenario dan jalur evakuasi perlu disesuaikan setiap hari. Hal tersebut dilakukan mengingat kondisi di lapangan yang terus berubah.

"Alhamdulillah, 9 WNI tersebut saat ini sudah berada di zona aman. Jika dihitung dari Chernihiv sampai ke Lviv, total perjalanan yang ditempuh oleh para WNI adalah sekitar 15 jam," katanya melalui keterangan resmi, Jumat (18/3/2022).

Setibanya di Warsawa, Polandia, para WNI tersebut akan menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum kembali ke Tanah Air pada Minggu (20/3/2022) menggunakan pesawat komersial.

"Dengan telah dievakuasinya 9 WNI dari Chernihiv, maka 133 WNI telah dievakuasi dengan selamat dari Ukraina. Dengan demikian, seluruh proses evakuasi sudah dapat dilaksanakan. Terdapat 23 WNI yang memilih tinggal di Ukraina, rata-rata karena alasan keluarga," lanjut Menlu.*