PALAS - Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Padanglawas Plus Keterampilan dan Riset, melepas empat orang peserta didiknya sebagai calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) mengikuti seleksi tingkat kabupaten dan provinsi bahkan nasional.

Keempat siswa dan siswi calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tersebut, Qorry Annida Daulay, Mazidah Alfi Riski, Ahmad Fadhly Siregar dan Wahyu Irfansyah Risyandi, dilepas secara resmi dihalaman madrasah tersebut, untuk mengikuti seleksi, Rabu (16/3/2022).

Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Hj Mahyarni Junida Nasution SPd MA mengatakan, peserta didik calon paskibra yang dilepas ini menindak lanjuti surat Kadis Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumut Nomor : 427/623/Disporasu/II/2022, tanggal 15 Februari 2022 tentang informasi kegiatan Paskibra.

Dikatakan, menindak lanjut surat tersebut, Dinas Pemuda Olahraga dan Parawisata Kabupaten Palas melaksanakan seleksi calon Paskibra provinsi dan nasional tingkat kabupaten.

"Kegiatan seleksi calon Paskibra tersebut dilaksanakan tiga hari mulai 16-18 Maret 2022 di GOR Bercahaya Kabupaten Palas," terangnya.

Kata Mahyarni, siswa yang mengikuti seleksi calon Paskibra Provinsi merupakan siswa kelas X dan untuk tingkat Kabupaten Palas kelas XI.

Sesuai surat Dinas Pemuda Olahraga dan Parawisata, sambungnya ketentuan bagi calon Paskibra Kabupaten dan Provinsi untuk 17 an, tinggi badan putra minimal 170 centimeter dan maksimal 180 centimeter. Sedang untuk putri minimal 165 centimeter dan maksimal 175 centimeter.

Selain itu, katanya tegak dan kaki tidak berbentuk O atau X serta sehat jasmani dan rohani,terutama gigi, kulit, dan mata, penampilan segar, gembira, simpatik, dan menarik.

"Setiap calon Paskibra memiliki pemahaman dan penguasaan seni budaya daerah diutamakan memiliki kemampuan berbahasa inggris aktif," imbuhnya.

Ia menambahkan, sesuai ketentuan aturan bagi setiap peserta yang akan diseleksi memakai pakaian training dan sepatu olahraga dan diwajibkan mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes) dan membawa kartu vaksin peduli lindung.