TOBA - Wakil Bupati Toba, Tonny M Simanjuntak membuka pagelaran Gohan Festival Collaboration 2022, di Desa Parsaoran Sibisa Kecamatan Ajibata, Selasa (15/3/2022).

Gohan Festival Collaboration merupakan ajang pelestarian kebudayaan tradisional dan sebagai bentuk kepedulian akan warisan budaya para leluhur Suku Batak khususnya di Kawasan Danau Toba.

Tonny Simanjuntak yang hadir dalam kesempatan tersebut didampingi Plt Kepala Dinas Pariwisata, Camat Ajibata, Perwakilan BPODT, dan beberapa tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam mensukseskan festival ini, panitia penyelenggara mendapat dukungan Kepala Desa Parsaoran Sibisa, Pardamean Sibisa, Motung dan Desa Sigapiton dengan menghadirkan empat sanggar binaan Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT) untuk mengisi acara Festival.

Kempat Sanggar Binaan BPODT mengisi pangelaran acara festival "Gohan Festival Collaboration 2022," diantaranya Rumah Parsiajaran Tradisional (RPT) Inang Nauli Basa, Sanggar Dalihan Natolu, Sanggar Monansa, dan Sanggar Ronauli.

Kehadiran Wakil Bupati Toba dan rombongan disambut dengan atraksi tortor Monsak menghantarkan rombongan ke tempat yang telah disediakan. Setibanya Wakil Bupati dan rombongan acara dilanjutkan dengan prosesi tortor yang disebut "mambuat Tuani Gondang oleh seluruh Paniti (acara Tor Tor ritual khusus oleh pemilik acara).

Sementara Tonny M. Simanjuntak dalam sambutannya sangat mengapresiasi dan menyambut baik diadakannya pagelaran Gohan Festival Collaboration 2022.

"Saya sangat mengapresiasi diadakanya kegiatan ini, dan saya harap Gohan Festival Collaboration, dapat dijadikan agenda tahunan," ujar Tonny.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Toba, meminta kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk memperhatikan kegiatan tersebut. Sehingga dapat membuat kemasan yang lebih baik dan menarik dalam memperkenalkan pariwisata sekaligus sebagai pelestarian budaya Batak Toba, agar kegiatan yang digelar tidak hanya biasa-biasa saja.