SIBOLGA - Harga sejumlah bahan pokok bumbu dapur di pasar sibolga seperti cabai, bawang dan tomat harganya masih dalam kondisi mahal dijual pedagang.
Saat ini pedagang bahan pokok bumbu dapur di kota Sibolga mematok harga cabai merah mencapai 52 ribu rupiah perkilogram, dari harga sebelumnya berkisar 65 ribu rupiah.

Selain cabai merah, bawang merah dibanderol pedagang, dengan harga 45 ribu rupiah perkilo. Sedangkan bawang putih hanya berkisar 25 ribu rupiah, kemudian beberapa komoditas lainnya seperti sayur mayur juga mengalami kenaikan, seperti tomat yang dini diharga 15 ribu rupiah perkilogramnya.

S. Br. Marbun Pedagang mengungkapkan, harga belum turun normal dampak kenaikan harga yang terjadi pada komoditas bahan pelengkap bumbu masakan, Senin (14/3/2022).

"Jadi para pembeli menyiasati dengan mengurangi jumlah pembeliannya saat ini mengingat harga yang belum kembali normal dan perekonomian masyarakat sibolga yang belum pulih," kata Br. Marbun.

Dikatakan para pedagang, kenaikan harga yang terjadi pada sejumlah komoditas bahan bumbu pelengkap masakan tersebut, di akibatkan faktor cuaca dan minimnya hasil panen dari daerah pemasok.

"Para pedagang memprediksi harga akan kembali naik semakin dekatnya bulan puasa," timpal pedagang.