PALAS - Petugas pengamanan rumah tahanan (Rutan) Klas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut harus lebih memperhatikan kedisiplin kerja baik disiplin dalam bertugas dan berpakaian. Hal itu disampaikan Kepala Rutan Klas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut, Elizama Gori SH diwakili Kasubsi Pelayanan Tahanan, Rudi Timbul Halomoan Sinaga SH, bertindak sebagai pembina apel pagi rutin setiap Senin(14/3/2022) di halaman rutan tersebut yang diikuti seluruh pegawai.

"Seluruh pegawai rutan agar tetap memperhatikan kedisplinan kerja baik disiplin kehadiran agar datang tepat waktu dan disiplin berpakaian," kata Rudi Timbul Halomoan Sinaga.

Ia juga mengingatkan, seluruh pegawai rutan harus lebih disiplin dalam melaksanakan apel pagi setiap hari Senin sesuai arahan Kementerian PAN-RB untuk menegakkan undang-undang disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN).

Khusus petugas pengamanan rutan, sambungnya, untuk rutin melaksanakan kontrol kedalam blok hunian warga binaan dan memastikan keadaan penghuni kamar dalam keadaan kondusif.

"Kegiatan kontrol secara disiplin ini bertujuan untuk mengantisipasi dan menghindari gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib)," tegasnya.

Ia menambahkan, petugas pengamanan rutan yang mengikuti kegiatan apel pagi hari ini sebanyak 7 orang dari jumlah 11 orang petugas pengamanan.

"Petugas pengamanan rutan yang bertugas melakukan kontrol blok hunian dan pelayanan bagi warga binaan dibagi dua ship yaitu ship pagi dan malam," tambahnya.

Lanjut Rudi, sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Kepala Rutan Klas II B Kanwil Kemenkumham Sumut, dari jumlah 11 orang regu petugas pengamanan rutan yang bertugas pagi sebanyak 3 orang dan malam 4 orang serta libur dinas sebanyak 4 orang.