PALAS - Plt Bupati Padanglawas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM M.Si membuka secara resmi musyawarah cabang luar biasa (Muscablub) Gerakan Pramuka Kwarcab Palas, Rabu (9/3/2022) di Aula Hotel Almarwah Sibuhuan.
"Saya mengucapkan selamat melaksanakan Muscablub, siapapun terpilih nanti menjadi Ketua Kwarcab untuk melaksanakan kepemimpinan dan tanggungjawab sesuai dengan peraturan perundang undangan," pesannya saat memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan Muscablub.

Ia berharap, program dan kegiatan yang dilaksanakan kwarcab dapat berjalan selaras dengan program pemerintah daerah.

"Mari kita saling bergandengan tangan dan saling bahu membahu untuk mewujudkan kehidupan masyarakat Palas yang Bercahaya," harapnya.

Dikesempatan itu juga, Plt Bupati Palas mengajak, semua pihak termasuk anggota pramuka untuk berperan aktif membantu pemerintah dalam percepatan pencegahan penyebaran Covid 19 dengan memberi contoh yang baik kepada masyarakat untuk disiplin penerapan protokol kesehatan (Prokes).

"Anggota pramuka bisa menjadi garda terdepan dalam menangkal isu isu miring tentang vaksin ditengah masyarakat," ujar H.Ahmad Zarnawi.

Secara khusus Plt Bupati Palas yang juga berpesan agar pengurus, anggota kwarcab pramuka se Kabupaten Palas berperan membantu pemerintah menjadi duta vaksin Covid 19 sehingga dapat mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus di masyarakat.

Ketua pelaksana Muscablub Kwarcab Palas, Dermaga Lubis S.Pd menyampaikan, dasar pelaksanaan Muscalub adalah undang undang Nomor : 12 Tahun 2010 tentang gerakan pramuka serta hasil pertemuan pimpinan kwarcab Palas dengan Kwarda Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Selain itu berdasarkan surat Gerakan Pramuka Kwartil Nasional Nomor 01163-00-B tangal 30 Juni 2021 tentang penertiban rangkap jabatan Ketua Mabicab dan Ketua Kwarcab.

"Peserta Muscablub Palas Tahun 2022 terdiri dari pengurus Kwarcab, Kwartir ranting dan satuan karya se Kabupaten Palas," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumatera Utara diwakili Sekretaris bidang Organisasi dan Hukum Kakak Ade Azmil Azhari Nasution mengucapkan, terima kasih kepada Plt. Bupati Palas atas dukungan serta fasilitasi yang diberikan terlaksananya Muscablub.

Ia juga mengapresiasi kepada kakak Plt. Bupati atas pengabdiannya dalam pengembangan kepramukaan di Kabupaten Palas.

"Selamat melaksanakan Muscablub semoga tuhan yang maha esa memberikan kita kesehatan, kekuatan dan kemudahan hingga akhir pelaksanaan Muscablub menghasilkan kepengurusan yang andal, cerdas, berdedikasi tinggi serta dapat merumuskan program kerja yang inovatif dan produktif," pesannya.

Ade Azmil juga berharap, terpilih kepemimpinan yang baru sebagai Ketua Kwarcab Pramuka Palas mampu membentuk kaum muda yang berkarakter, peduli, serta memiliki keterampilan teknologi informasi dapat bersaing pada era Revolusi Industri 4.0.

"Kita berharap Ketua Kwarcab yang terpilih nanti semoga amanah dan dapat lebih mengembangkan pendidikan kepramukaan di Kabupaten Palas serta mampu berkiprah dan berperan aktif pada event pramuka daerah dan nasional," tandasnya.