LANGKAT -  Sebuah pohon besar jenis cemara yang berada di depan Rumah Dinas (Rumdis) Bupati Langkat di Stabat roboh diterpa angin kencang yang disertai hujan deras, Selasa (8/3/2022) petang sekitar pukul 16.44 Wib. Pohon cemara yang diperkirakan berumur puluhan tahun tersebut roboh menimpa pagar Rumdis dan jaringan kabel listrik, serta sebuah tiang listrik hingga membuat listrik di sepanjang jalan Proklamasi, Kelurahan Kwala Bingei menjadi padam.

Muhammad Isa salah seorang petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (LH) Pemkab Langkat kepada awak media mengatakan, pohon besar jenis tersebut roboh saat hujan deras disertai angin kencang, sekira pukul 16. 44 Wib. Peristiwa ini juga menimpa kabel besar PLN dan menyebabkan sebuah tiang listrik ikut roboh di jalan lintas Stabat - Kwala Begumit.

"Namun bencana dimaksud, tidak ada korban jiwa saat robohnya pohon Cemara ini. Dan saat ini pihaknya tengah berusaha memotong pohon besar tersebut, agar dapat dipindahkan ke lokasi yang tidak menghalangi jalan umum," ujarnya.

Di lokasi yang sama, Ahmad salah seorang petugas PLN kepada awak media menyampaikan, pihaknya tengah berupaya segera memperbaiki jaringan listrik yang rusak akibat tertimpa pohon besar tersebut.

"Sore ini juga, kami segera mengganti tiang listrik yang tumbang dan beberapa kabel yang rusak akibat tertimpa pohon, demi kenyamanan pelanggan PLN di sekitar jalan Proklamasi ini," sebutnya.

Pantauan hingga menjelang senja, terlihat puluhan petugas PLN masih memperbaiki jaringan listrik. Sementara itu, demi kenyamanan pengguna jalan, sepanjang jalan Proklamasi ditutup sementara dan dijaga petugas Dishub Langkat, tepatnya di jalan Proklamasi, depan kantor Dishub Langkat hingga depan Rumdis Sekda Langkat.