PALAS - Kepala Madrasah Aliyah Negeri(MAN) 1 Padanglawas Plus Keterampilan dan Riset secara resmi membuka penyelenggaraan Ujian Madrasah(UM).

Untuk kegiatan penyelenggaraan UM tahun pelajaran 20221/2022 yang dilaksanakan akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi kelulusan bagi peserta didik.

Kegiatan pelaksanaan ujian madrasah berlangsung selama enam hari di mulai 7 Maret sampai 12 Maret 2022 dengan jumlah peserta yang mengikuti ujian madrasah sebanyak 280 siswa terdiri dari siswa kelas XII jurusan IPA 168 siswa dan jurusan IPS 111 siswa.

Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset,Hj Mahyarni Junida Nasution SPd MA mengatakan, setiap harinya siswa mengikuti dua mata pelajaran yang diujikan sesuai jadwal pelaksanaan UM, Selasa(8/3/2022).

Dikatakan, setiap ruangan ujian diawasi oleh guru pengawas selama proses ujian berlangsung bagi siswa dan siswi secara ketat sesuai waktu yang telah ditentukan.

"Ujian Madrasah (UM) ini bisa dikatakan sebagai pengganti Ujian Nasional yang tidak mengurangi kualitas kompetensi kelulusan pada tahun ajaran 2021/2022 ini," terangnya.

Mahyarni menjelaskan, pelaksanaan UM ini bertujuan untuk mengukur capaian kompetensi kelulusan peserta pada akhir jenjang pendidikan.

"Ujian UM berfungsi sebagai indikator pencapaian kompetensi peserta didik,untuk perbaikan proses pembelajaran dan perbaikan mutu pendidikan kedepan serta pemenuhan syarat penentu kelulusan," ucapnya.

Materi soal yang diujikan juga telah melalui proses verifikasi mulai dari pembuatan kisi-kisi, kartu soal sampai menjadi butir soal yang telah siap diujikan bagi peserta didik, pungkasnya.