SAMOSIR - Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir, saat ini jumlah kasus aktif di Kabupaten Samosir sebanyak 415 orang. Kabar baiknya, zona merah penyebaran Covid-19 berkurang dari 20 desa/kelurahan menjadi 16 desa/kelurahan dan Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir terus memacu percepatan vaksinasi.

Satgas Kabupaten melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Sabtu (5/3/2022) menyampaikan, dalam rangka mendorong percepatan pelaksanaan vaksinasi di wilayah Kabupaten Samosir, Sekretaris daerah Kabupaten Samosir, Jabiat Sagala didampingi Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Plt. Kepala Dinas Kominfo, dan Kepala BPPD melakukan monitoring vaksinasi di beberapa titik, diantaranya pelaksanaan vaksinasi di Simpang Empat HKBP Bolon Pangururan dan Kantor Desa Huta Ginjang, Kecamataan Sianjur Mula-mula.

Disebutkan, dari hasil pengamatan, semua elemen terlihat bersinergi dalam upaya penanggulangan Covid-19 mulai dari Pemerintah daerah, TNI/POLRI, tenaga kesehatan, dan relawan secara khusus pada pelaksanaan vaksinasi. Pelaksanaan vaksinasi juga dilakukan diseluruh wilayah Puskesmas Kabupaten Samosir.

Di sela monitoring, Jabiat mengajak seluruh elemen masyarakat beserta anggota keluarga yang belum mengikuti vaksin untuk segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat di wilayahnya masing-masing guna memutus rantai penyebaran Covid-19 dan mengurangi resiko terburuk akibat terpapar Covid-19.

"Mari bersama-sama mengajak masyarakat untuk mensukseskan program vaksinasi, khususnya pelaksanaan vaksinasi booster. Peran serta masyarakat dan sinergitas dengan semua pihak akan membantu percepatan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Samosir," ujar Jabiat Sagala.

Turut disampaikan, sebagai informasi, berdasarkan Surat Edaran Kemenkes SR.02.06/II/1180/2022 bahwa jarak vaksinasi booster minimal 3 bulan setelah mendapat vaksinasi primer lengkap, berlaku bagi lansia usia di atas 60 tahun dan masyarakat umum.

"Ayo segerakan vaksinasi saat giliran sudah tiba. Vaksin terbukti memberikan perlindungan lebih bagi tubuh dan mengurangi risiko sakit parah ataupun kematian akibat Covid-19 dan tetap patuhi protokol kesehatan," imbau Satgas melalui juru bicaranya, Ricky Rumapea.

Berikut data kasus Covid-19 di Kabupaten Samosir hingga, Jumat (4/3/2022):

- Sembuh, 23 orang
- Kasus aktif, 415 orang
- Menjalani isolasi mandiri, 403 orang
- Menjalani perawatan di RSUD dr. Hadrianus Sinaga Pangururan, 9 orang
- Menjalani perawatan di luar RSU Kabupaten Samosir, 3 orang

Sementara data yang sudah menerima vaksinasi hingga, Jumat (4/3/2022), dosis I, sebanyak 114.939 orang, dosis I dan II, sebanyak 105.900 orang, dan dosis III (Booster), sebanyak 18.021 orang.

Dan berikut data desa/kelurahan di Kabupaten Samosir yang masih bertahan di zona merah penyebaran Covid-19:

1. Desa Tomok, Kecamatan Simanindo
2. Desa Unjur, Kecamatan Simanindo
3. Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo
4. Kelurahan Pasar Pangururan, Kecamatan Pangururan
5. Kelurahan Pintu Sona, Kecamatan Pangururan
6. Desa Pardomuan I, Kecamatan Pangururan
7. Kelurahan Siogung-ogung, Kecamatan Pangururan
8. Desa Sianjur Mula-mula, Kecamatan Sianjur Mula-mula
9. Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian
10. Desa Buntu Mauli, Kecamatan Sitio-tio
11. Desa Sigaol Simbolon, Kecamatan Palipi
12. Desa Simbolon Purba, Kecamatan Palipi
13. Desa Parsaoran Urat, Kecamatan Palipi
14. Desa Sinaga Uruk Pandiangan, Kecamatan Nainggolan
15. Desa Nainggolan, Kecamatan Nainggolan
16. Desa Harian, Kecamatan Onan Runggu.

Dari 128 desa dan 6 kelurahan di Kabupaten Samosir, kini 26 diantaranya masih zona orange, 53 zona kuning, dan 39 zona hijau.*