PALAS - Kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan madrasah merupakan program MAN 1 Padanglawas (Palas) Plus Keterampilan dan Riset yang dilakukan setiap satu bulan sekali para guru dan siswa.
"Kegiatan kebersihan lingkungan madrasah ini bertujuan menumbuhkan kepedulian serta kedasaran siswa untuk menjaga kebersihan madarasah yang menjadi tempat menuntut ilmu pendidikan," kata Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Hj Mahyarni Junida Nasution SPd MA, Sabtu (19/2/2022).
 
Dikatakan, kebersihan lingkungan madrasah menjadi kewajiban bagi dewan guru pembimbing dan siswa siswi sebagai upaya menjaga lingkungan bersih,aman serta asri sehingga mencerminkan keindahan.
 
Kata Mahyarni, menjaga lingkungan bersih dari segala rumputan -rumputan yang tumbuh liar serta sampah yang berserakan dan daun -daun kering menjadi sasaran dalam kegiatan gotong royong.
 
Kegiatan gotong royong ini,sambungnya sebagai kegiatan rutin madrasah, mengingat pentingnya kebersihan dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan asri.
 
Lebih lanjut, Hj Mahyarni menjelaskan dengan kegiatan gotong royong ini memberikan pembelajaran ke siswa bahwa dengan menjadikan lingkungan bersih dan indah akan membuat semangat belajar yang baik.
 
"Seluruh siswa yang melaksanakan gotong royong terlihat gembira karena dikerjakan secara bersama-sama sehingga pekerjaan yang berat akan terasa lebih ringan," tutupnya.