TAPUT - Si jago merah melahap 4 unit rumah milik warga di Jl. Patuan Anggi tepatnya di depan RSUD Tarutung Siwaluompu, Kelurahan Hutoruan X, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Rabu (16/2/2022) malam kemarin sekira pukul 23.30. Keempat rumah yang hangus terbakar adalah milik warga korban kebakaran Gregorius Manoga Banjarnahor (54), Parlindungan Simamora (60), Ramlan Purba (45) dan Amrin (36) keseluruhan korban adalah warga Patuan Anggi.

Kapolres Taput, AKBP Ronlad Sipayung melalui Kasi Humas Aiptu W Baringbing dalam keterangan persnya kepada www.gosumut.com, Kamis (17/02/2022) menjelaskan, awalnya saksi, Gabriel Banjarnahor melihat kejadian tersebut sekitar pukul 23.30.

"Saat itu saksi mau masuk ke kamar rumahnya hendak tidur," terangnya.

Saat mau masuk ke kamar, saksi melihat ada asap merambat ke depan dari belakang rumah miliknya. Sontak Gabriel berupaya melihat ke dapur untuk melihat kompor gas serta memastikan sumber asap tersebut darimana asalnya.

"Setiba di dapur dianya (Gabriel) melihat dengan pasti bahwa kompor gasnya tidak ada berasap," ujarnya.

Melihat asapnya banyak sekali, Gabriel membuka pintu belakang rumahnya dan berupaya memeriksa dan melihat ke belakang rumah tetangganya Parlindungan Simamora, ternyata api sudah menyala membakar bagian dapur rumah Parlindungan Simamora.

"Saksi pun langsung berteriak dan berupaya membanguni orang tuanya untuk keluar serta berusaha membangunkan Parlindungan Simamora dan seisi rumahnya.

Seth dibangunkan dang berteriak dn mengedit gedor pintu rumahnya PS terbangun dan api sudah semakin membesar.mendengar ada suara teriakan api sontak warga sekitar pun berdatangan dan berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Tidak berp lama api berkobar melahap rumah warga, mobil Damkar milik Pemkab Taput pun tiba di lokasi kejadian dan api pun bisa di padamkan.

Ditambahkan Kasi Humas, Ke empat rumah yang terbakar posisinya adalah rumah kopel berderet dan bagian depan rumah sudah permanen namun bagian belakang rumah atau dapurnya masih terbuat dari kayu yang sudah kering dan lapuk sehingga api dengan cepatnya merambat membakar semu belakang ke Empat rumah yang terbakar.

Akibat peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa namun kerugian materiil di perkirakan +_ Rp. 700.000.000 ( Tujuh Ratus Juta Rupiah )

Guna menindaklanjuti proses pemeriksaan Hukum peristiwa kebakaran yang menghanguskan 4 unit rumah milik warga Tarutung tersebut, pihak penyidik dari Polres Taput sedang melakukan olah TKP guna untuk melakukan penyelidikan dan pemeriksaan dugaan penyebab terjadinya kebakaran tersebut.tegas W Baringbing.