TOBA - Dalam rangka meningkatan kehidupan Pariwisata di sekitar Kawasan Danau Toba khususnya Kabupaten Samosir, Komisi III DPRD Samosir kunjungi kantor Badan Pelaksana Otorita Danau Toba di Medan, Jumat (4/2/2022).

Rombongan DPRD Kabupaten Samosir yang hadir diantaranya Pantas Marroha Sinaga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Samosir didampingi Pantas  Lasidos Limbong, Jonny Sagala, Paham Gultom dan Rismawaty Simarmata yang hadir berkunjung di kantor Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Medan.

Rombongan diterima dan disambut langsung Direktur Keuangan Umum dan Komunikasi Publik Bambang Cahyo Murdoko serta dua Kepala Divisi yakni Kepala Divisi Pemasaran Nusantara Siswanto Sinambela dan Kepala Divisi Pemasaran Mancanegara Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Nelson Lumbantoruan.

Dalam kehadirannya Komisis III DPRD Samosir untuk menyampaikan harapan warga Samosir terhadap komitmen dan sinergitas BPODT dalam upaya memajukan pariwisata dan perekonomian pelaku pariwisata di Kawasan Danau Toba.

Kadiv Komunikasi dan Publik Anderson Situmeang dalam keterangan pers tertulisnya kepada www.gosumut.com Sabtu, (5/2/2022) menyampaikan, hadirnya Anggota DPRD Samosir di Kantor BPODT Medan untuk menjalin dan memperkuat komunikasi serta menyamakan visi dan misi untuk membangun dan mengembangkan pariwisata di Kawasan Danau Toba serta mewujudkan mimpi dan cita cita besar Presiden Republik Indonesia setelah ditetapkannya Danau Toba sebagai salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas Nasional yang ada di Indonesia.

Disampaikan Anderson pada kesempatan itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Samosir menyebutkan tujuan kedatangannya ke kantor BPODT, untuk memperkuat komunikasi terkait rencana rencana besar BPODT yang akan dilakukan untuk memajukan pariwisata di Kawasan Danau Toba. Eehingga Komisi III DPRD Samosir selalu terinformasi akan perkembangan pembangunan dan pengembangan Danau Toba yang harapan kami hanya satu, masyarakat di sekitar Kawasan Danau Toba terlebih mereka yang bergelut dibidang pariwisata merasakan dampak peningkatan ekonomi  dari industri kepariwisataan ini”, ujar Pantas Sinaga.

Disamping itu Pantas Limbong sebagai Ketua Komisi III DPRD Samosir menambahkan, pihaknya berharap adanya sinergitas antara BPODT dengan kabupaten di Kawasan Koordinatif seperti halnya bentuk pendukungan BPODT dalam peningkatan SDM dan Event di Kabupaten Samosir sehingga seluruh wilayah otoritatfi maupun koordinatif dari Badan Pelaksana Otorita Danau Toba sendiri merasakan betul kehadiran BPODT di Kawasan Danau Toba”.beber Kadiv Komblik BPODT Anderson.

Lanjutnya dikesempatan itu pihaknya menjelaskan keberadaan BPODT yang dibentuk pada tahun 2016 dengan tugas BPODT yang terbagi menjadi dua yaitu, Koordinatif dan Otoritatif.

Dalam fungsi koordinatif BPODT tidak memiliki peran untuk melakukan pembangunan fisik melainkan hanya sebatas tugas untuk memberikan pendukungan dan fasilitasi, sedangkan untuk tugas Otoritatif, BPODT memiliki tugas untuk membangun kawasan otoritatif seluas 386 hektar yang berada di Kabupaten Toba.

Direktur Utama BPODT dalam kehadirannya diwakili Direktur Keuangan Umum dan Komunikasi Publik BPODT Bambang Cahyo Murdoko dalam sambutannya menyampaikan paparan terkait program kerja BPODT di tahun anggaran 2022.

“Kami sangat senang dan menyambut baik atas maksud dan tujuan kehadiran Bapak dan Ibu dari DPRD Kabupaten Samosir, melakukan pertemuan dengan kami dalam hal memperkuat komunikasi dan sinergitas dalam melakukan pembangunan dan pengembangan Kawasan Danau Toba," sambut Direktur Keuangan Umum dan Komunikasi Publik BPODT Bambang Cahyo Murdoko

Lanjut Bambang, pihaknya akan selalu berupaya menjalin komunikasi yang baik dan berkelanjutan dengan seluruh pemangku kepentingan yang ada di Kawasan Danau Toba baik di level eksekutif, legislatif maupun yudikatif.

Kepala Divisi Pemasaran Nusantara BPODT Siswanto Sinambela menyebutkan untuk event pariwisata di Kawasan Danau Toba tetap menjadi program BPODT dengan pertimbangan kegiatan yang sudah ada anggaran daerah, kelembagaan dan berpotensi dipromosikan untuk mendatangkan wisatawan yang akan meningkatkan sektor jasa maupun usaha lainnya di Samosir.

Untuk itu saat ini sedang dilakukan akurasi event untuk Calendar of Event Danau Toba, yang salah satunya kegiatan di Kabupaten Samosir.

Sebelumnya Badan Pelaksana Otorita Danau Toba juga baru saja melakukan roadshow audiensi dengan seluruh Kepala Dinas Pariwisata yang ada di 8 Kabupaten di Kawasan Danau Toba yang salah satunya kabupaten Samosir yang telah dilakukan pada minggu ketiga bulan Januari 2022 lalu dengan harapan dan tujuan yang sama sebagaiman kehadiran bapak ibu Dewan DPRD Kabupaten Samosir saat ini.