MADINA - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sibolga resmi dibuka di Kabupaten Mandailing Natal tepatnya di Desa Mompang Julu, Kecamatan Panyabungan Utara yang juga tak jauh dari kantor Pengadilan, Rabu (26/1/2022).

Peresmian gedung pengurusan keimigrasian itu ditandai dengan pemencetan bel yang menandakan kantor Imigrasi Kelas II TPI Sibolga di Kabupaten Madina mulai hari ini resmi beroperasi.

Dalam persemian itu turut dihadiri Bupati Madina Muhammad Jafar Skhuairi Nasution bersama Wakil Bupati Atika Azmi Nasution dan Sekretaris daerah Gozali Pulungan serta sejumlah kepala Dinas.

Sementara dari unsur Forkopimda lainya juga tampak hadiri seperti Ketua Pengadilan Agama M. Irsad, Wakil Ketua DPRD Madina Erwin Efendi, Wakapolres Madina Kompol Agus dan Pabung Kodim 212/TS.

Pada peresmian secara sombolis itu pun turut dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Sumut Imam Suyudi, Kepala Kantor Imigrasi Sibolga Saroha Manulang, dan Plt. Kepala Divisi Keimigrasian Betmi Humiras Purba.

Selanjuntnya disela peresmian, Bupati bersama rombongan memonitoring fasilitas yang ada di dalam kantor baru keimigrasian tersebut.

Namun, ada yang merasa heran, sebab, seorang warga di saat bersandar di kantor Imigrasi yang baru diresmikan tersebut, cat bangunan itu menempel ke bajunya, padahal catnya masih baru tapi sudah berkapur.

"Lah, kok berkapur padahal (cat temboknya) masih baru kan," celutuk warga sembari membersihkan cat yang menempel di bajunya, yang belakangan diketahui bernama Abdul Zein.

Bupati menyampaikan dalam pidatonya peresmian Unit Kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sibolga di Kabupaten Madina merupakan perwujudan rasa syukur atas terpenuhinya saran dan prasarana dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Mengingat Kabupaten Madina merupakan salah satu kabupaten yang kedudukannya sangat strategis. Letak geografis Kabupaten Madina berada paling selatan di Sumatera Utara dengan luas wilayah 662.070 hektare atau sekitar 9,01 persen dari luas wilayah Provinsi Sumut.

"Kabupaten Mandailing Natal telah berusia 22 tahun sejak dimekarkan dari Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kabupaten Mandailing Natal juga terdiri dari 23 kecamatan, 377 desa, 27 kelurahan, dan 170 kilometer panjang pantai," kata Sukhairi.

Seterusnya Sukairi mengatakan dalam situasi normal sebelum pandemi, Kabupaten Mandina setiap tahunnya memberangkatkan jamaah haji sebanyak 500 orang atau lebih dari 1 kloter.

"Begitu juga dengan ibadah umroh Kabupaten Mandailing Natal memberangkatkan jamaah sebanyak 600 setiap tahun,"ungkap Sukhairi.

Untuk itu, sebut Sukhairi, peresmian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sibolga di Kabupaten Madina akan mempermudah dan mendekatkan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat, terutama di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Sementara, Kemenkum HAM Sumut Imam Suyudi dalam kesempatan itu mengatakan
dengan diresmikannyakantor Keimigrasian unit kerja Sibolga di Kabupaten Madina juga bertepatan dengan momen hari Imigrasi yang ke 72.

Ditambahkan Suyudi, selain pengurusan pasport, kantor Imigrasi Kelas II TPI Sibolga di Kabupaten Madina, juga melayani izin tinggal bagi warga negara asing.

"Sehingga akan memudahkan warga negara asing untuk perpanjangan izin tinggal dan yang lain sebagainya," ucapnya.