LANGKAT - Bupati Langkat, Terbit Rencana PA berharap insan Bhayangkara menjalani tugas seperti mengayomi dan melindungi rakyat Indonesia dengan penuh rasa tulus dan ikhlas. "Kami berharap para Bintara ini menjadi Insan Bhayangkara yang tulus dan ikhlas menjalani tugasnya," harap Bupati Langkat saat menghadiri upacara penutupan pendidikan pembentukan Bintara Polri TA 2021 Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sumatera Utara, Rabu (22/12/2021) di lapangan upacara Satya Haparabu SPN Poldasu, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Sebanyak 375 siswa dilantik menjadi anggota Polri berpangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda) yang terdiri dari 122 siswa Polda Papua dan 253 siswa Polda Sumut.

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak berharap, anggota Polri harus menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara negara dengan memberikan perlindungan dan pengayoman masyarakat.

"Amanah ini harus ingat dan dijunjung tinggi serta dilaksanakan dengan sepenuh hati," pesannya.

Pelantikan ini, sebut Kapodasu, bukanlah akhir dari karir melainkan awal perjalanan Bhayangkara untuk berhadapan dengan dinamika tugas serta tantangan baru.

"Untuk itu harus mempersiapkan diri dalam setiap situasi, jangan terbawa arus yang dapat menjerumuskan. Di mana pun bertugas harus mendapatkan kepercayaan masyarakat untuk menjaga organisasi Polri," tandasnya.

Kunci kekuatan utama dalam tugas, tambah Kapodasu, adalah menghormati hak asasi manusia, serta mampu mewujudkan transparansi peradilan, agar membuat masyarakat dalam segala situasi merasa nyaman. "Jangan sampai menyakiti hati masyarakat," tegasnya.