TAPSEL - Cuaca ekstrim yang melanda Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, dalam sepekan terakhir mengakibatkan sejumlah bukit di Kecamatan Angkola Sangkunur, Desa Aek Pardomuan, longsor. Akibatnya akses jalan yang menghubungkan Tapanuli Selatan dengan Mandailing Natal putus total. Putusnya jalan tersebut mengakibatkan puluhan kendaraan dari arah Mandailing Natal menuju Tapanuli Selatan terjebak kemacetan panjang.
 
Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapanuli Selatan, Ilham Suardi, mengatakan longsor bukit yang terjadi di Kecamatan Angkola Sangkunur telah menutup akses Jalan Nasional Pantai Barat.
 
"Saat ini kita sudah koordinasi dengan dinas PUPR untuk menurunkan alat berat ke lokasi kejadian, longsornya sepanjang 30 meter menutup badan jalan, pak. Ada dua titik longsor, pertama di Desa Pardomuan sepanjang 40 meter menutup badan jalan, yang kedua di Desa Baung itu sekitar 20 meter,” ungkap Ilham, Sabtu (18/12/2021).
 
Untuk menghindari adanya korban jiwa, BPBD mengimbau agar warga tidak melintasi daerah rawan bencana. Selain kontur tanah yang labil, intensitas hujan di wilayah Tapanuli Selatan dan sekitarnya masih tinggi.