PALAS - Muspika Kecamatan Barumun Kabupaten Padanglawas ( Palas ) bentuk tim work analisa dan evaluasi atau Anev secara terorganisir. Setiap Kecamatan di wilayah hukum Polsek Barumun akan dibentuk posko analisa dan evaluasi sebagai upaya pecepatan pencapaian target vaskinasi. Meliputi Kecamatan Barumun, Lubuk Barumun, Ulu Barumun, Barumun Selatan dan Barumun Baru.

Hal itu disampaikan Kapolsek Barumun, AKP Miptahuddin SE didampingi Kanit Reskrim, Aiptu Saipul Bahri usai rapat koordinasi dengan lintas sektoral yang dilaksanakan di Polsek Barumun Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan.

Dengan adanya posko anev ini nantinya, lanjutnya bisa diketahui data dan laporan hasil pencapaian target vaksinasi setiap harinya.

Dengan begitu kata Kapolsek,proyeksi rencana kerja setiap harinya untuk  percepatan target vaksinasi dengan sasaran warga desa dapat teprogram dengan baik.

Menurutnya, tim work ini dibentuk berdasarkan rapat koordinasi pemerintah kecamatan dengan puskesmas dalam rangka pencepatan vaksinasi massal diwilayah hukum Polsek Barumun.

" Pada kegiatan rapat tersebut muncul berbagai program dan saran serta faktor yang menjadi kendala dilapangan selama ini untuk kegiatan vaksinasi," terangnya, Sabtu (27/11/2021).

Ia berharap, pihak puskesmas juga harus memiliki data terkait vaksin yang digunakan dan jumlah vaksin yang masuk harus sesusi dengan jumlah sasaran vaksinasi.

Lebih lanjut sebut Kapolsek,aparatur desa juga harus  ikut serta dalam membantu pendaftaran terhadap orang yang akan di vaksin sehingga pihak vaksinator dapat bekerja dengan baik.

"Pihak puskesmas harus bekerjasama dengan pemerintah  kecamatan untuk menjadwalkan dan menunjukan desa yang akan dilaksanakan vaksinasi agar kepala desa dapat menyiapkan lokasi yang akan dijadikan kegiatan vaksinasi massal," timpalnya.

Kata Miptahuddin, kendala yang paling menonjol pada saat ini adalah jumlah penduduk yang tidak singkron antara Dinas Dukcapil Kabupaten Palas dengan Pemerintah Kecamatan.

Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut,sambungnya perlu dibentuk posko anev guna terjalinnya koordinasi yang positif baik menyangkut data dan kendala lainnya.

Untuk mempercepat target pencapian vaksinasi, tambah dia perlu adanya koordinasi setiap harinya antara puskesmas dengan pemerintah kecamatan untuk laporan hasil vaksinasi yang dilaksanakan.

"Dengan adanya posko anev ini, program vaksinasi dapat ditentukan sasarannya secara tepat desa dan jumlah pesertanya dengan melibatkan peran aparat perangkat desa," tutupnya.

Hadir dikegiatan rapat koordinasi tersebut, Babinsa Koramil 08 Barumun, Peltu A.Rangkuti, Kanit Intelkam Polsek Barumun, Aipda DN Tarigan SH, Sekcam Barumun Fauzan Taufik Daulay, Sekcam Lubuk Barumun, RH Adday Robi Harahap SH dan perwakilan Puskesmas.