LHOKSEUMAWE - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Lhokseumawe bekerjasama dengan PT. Sumber Daya Sewatama salah satu perusahaan swasta nasional menggelar pelatihan jurnalistik terkait isu energi kelistrikan, dipusatkan di Gedung Sumbagut 2 Peaker Power Plant 250 MW Lhokseumawe, Kamis (25/11/2021). Kegiatan tersebut menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dan seluruh peserta terdiri dari wartawan cetak, online, televisi dan radio sebanyak 30 orang diwajibkan melampir kan sertifikat vaksin saat mengikuti pelatihan.

Pelatihan tersebut  menghadirkan tiga narasumber, diantaranya  General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Aceh diwakili Manager PLN UP3 Lhokseumawe Muhammad Haikal,dengan materi Kinerja PLN Wilayah Aceh, terutama di lima kabupaten/kota wilayah kerja UP3 Lhokseumawe, dan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN.

Site Manager Operation & Maintenance PT Sumberdaya Sewatama Tunggul Pharwoto, memaparkan materi secara teknis yakni Mengenai Proses Pembangkitan Listrik dan Teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTMG). Sewatama adalah perusahaan swasta nasional yang melakukan pengoperasian dan perawatan pembangkit listrik Sumbagut 2 milik PLN.

Sedangkan pemateri terakhir menghadirkan Pemimpin Redaksi Serambi Indonesia Zainal Arifin M. Nur dengan tema 'Mencari ide liputan dan tips menulis berita'. Peserta pelatihan tidak hanya disuguhkan berbagai materi yang bersifat tioritis, namun juga diajak pihak PT Sumber Daya Sewatama melakukan field trip ke area PLTMG Arun 2.

Dalam kesempatan itu, Ketua AJI Lhokseumawe Irmansyah didampingi Sekretaris Jafaruddin mengatakan pihaknya terus berupaya mendorong para wartawan untuk meningkatkan kompetensi dengan menambah pengetahuan pada isu-isu tertentu, salah satunya tentang energi kelistrikan.

Karena hari ini listrik menjadi kebutuhan dasar untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya.

“Oleh karena itu, AJI Lhokseumawe mengadakan kegiatan edukasi atau pelatihan ini untuk menambah pengetahuan para wartawan terkait industri kelistrikan. Sehingga wartawan mampu menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas dalam memenuhi hak publik untuk tahu,” urainya, sambil menambahkan  berita yang disampaikan kepada publik akurat, mendidik, dan tentunya juga berjalannya fungsi sosial kontrol dengan baik dan benar.

Sementara itu Side Manager Operation & Maintenance PT. Sumber Daya Sewatama Tunggul Pharwoto mengakui bahwa mesin penyuplai arus listrik tersebut sangat handal dan terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara dan ramah lingkungan.