LHOKSEUMAWE - Hujan deras disertai angin kencang terus terjadi di langit kawasan daerah dingin Aceh membuat lintasan Bireuen menuju obyek wisata Danau Lut Tawar Takengon kembali longsor pada Selasa (2/11/2021) sore tepatnya di tikungan Enang-Enang Desa Alur Cincin, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh. Longsor tersebut tidak hanya lumpur menutupi badan jalan, sejumlah pohon juga banyak yang tumbang ke jalan. Alhasil, pengguna jalan terpaksa menghentikan perjalanan sementara, karena jalan tidak bisa dilewati.

Danramil 04/PRG Kapten Czi Aep Mukhran Halid, Rabu (3/11/2021) mengatakan, dalam peristiwa itu tidak terdapat korban jiwa, sebab keadaan lalu lintas sepi, namun akses jalan dari kedua arah tidak bisa dilalui kendaraan.

Dari laporan anggota Babinsa di lapangan, diperkirakan bencana tersebut terjadi sekitar pukul 22.10 malam. Angin kencang disertai hujan deras selama 5 jam mengguyur di kawasan Kecamatan Pintu Rime Gayo.

Sejumlah personel Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersama masyarakat dibantu alat berat excavator malam itu melakukan pembersihan material tanah longsor dan batang pohon yang menutup badan jalan.

Saat ini akses jalan penghubung Kabupaten Bireuen menuju Kabupaten Bener Meriah dan Takengon Aceh Tengah sudah bisa dilalui.

"Namun diberlakukan sistem buka tutup dan dihimbau agar tetap waspada saat melintas, sebab selain kerawanan jalan licin, juga terdapat longsor di tepian ruas badan jalan," ungkapnya.