PALAS - Kabupaten Padanglawas (Palas) saat ini sudah masuk level 2 dalam percepatan penangganan Covid-19.

Hal tersebut diketahui setelah melihat keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 48 Tahun 2021 tentang PPKM di Indonesia.

Ketua Satgas Pencepatan Penangganan Covid-19 Kabupaten Palas, Arpan Nasution SSos melalui Ketua Harian, Amit Hadi Nasution SH mengatakan daerah ini masuk kategori level 2 sesuai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Masuknya level 2 tidak terlepas kerja keras semua pihak termasuk Forkopimda dan pemerintah daerah yang terus gencar menerapakan protokol kesehatan (Prokes) dengan menerapkan pola 5M," katanya, Rabu (6/10/2021) di ruang kerjanya di BPBD Kabupaten Palas.

Hal ini Kata Amit, terwujud atas sinergitas semua pihak dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang dibarengi dengan penanganan wabah virus Corona di Kabupaten Palas.

"Saat ini Kabupaten Palas sudah masuk level 2 dalam pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat, semoga dapat dipertahankan dengan tetap koordinasi serta sinergitas dari semua pihak agar tidak menambah menjadi level 3 seperti sebelumnya," ujar Amit.

Amit menjelaskan, pihak Satgas Covid-19 Palas sudah melakukan rapat untuk membahas apa saja yang harus diperketat dalam Protokol Kesehatan (Prokes) agar tidak terjadinya peningkatan kembali kasus terpapar Covid -19.

Ia menambahkan, pemerintah bersama Forkopimda terus gencar melaksakan kegiatan vaksinasi terhadap warga melalui Dinas Kesehatan bersama seluruh jajaran Puskesmas.

"Diharapkan program vaksinasi dapat terus dilakukan dengan tidak memunculkan kerumunan baik di lingkungan pelajar dan masyarakat sehingga pengendalian Covid -19 dapat ditekan semaksimal mungkin," terangnya.

Ketua Harian Satgas Penangganan dan Pencegahan Covid-19 juga mengungkapkan pihaknya terus melakukan sosialisasi penerapan prokes secara disiplin di tengah masyarakat dan tetap melakukan vaksinasi di sejumlah titik sampai ke pelosok desa di semua desa dan kecamatan.

Bentuk dan upaya Pemkab Palas, sambungnya dalam penangganan pencegahan Covid-19 dilakukan secara maksimal melalui kegiatan serbuan vaksinasi dengan sasaran dan pelajar dan penerapan PPKM terus digalakkan sampai daerah ini masuk dalam target level 1 ke depan.

Pihak Satgas Covid Palas juga telah mengoptimalkan semua posko penanganan Covid-19 sampai ke pelosok tingkat desa, kelurahan dan kecamatan untuk pengendalian penyebaran virus Corona.

Sesuai instruksi Ketua Satgas Covid-19, tambah dia telah menginstruksikan kepada semua jajaran OPD dan pemerintah Kecamatan dan Desa untuk mengoptimalkan Posko untuk pengendalian penyebaran Covid-19 guna mencegah masa sutuasi pandemi wabah virus Corona.