PALAS - Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumut, Drs H. Syahrul Wirda MM melalui Kabid Mapenda melakukan kunjungan kerja untuk pembinaan peningkatan mutu pendidikan di MAN 1 Padanglawas Plus Keterampilan dan Riset di wilayah Kabupaten Padanglawas (Palas),
Senin (27/9/2021).

Dalam kunjungan ini Kabid Mapenda, Erwin Pinayungan Dasopang MSi didampingi Kasi Sarpras Zulfahmi Siregar MSi selain memberikan pembinaan peningkatan mutu pendidikan juga melakukan survey pelaksanaan vaksin Covid-19 di lingkungan madrasah.

Dalam pertemuan tatap muka dengan Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Hj Mahyarni Junida Nasution MPd MA didampingi Wakil Kepala Madrasah, Sahut Martua Lubis SAg serta guru-guru, berlangsung di Aula Madrasah tersebut.

Ia berpesan agar seluruh guru dapat memaksimalkan program membangun karakter siswa dan siswi yang mencerminkan akhlak mulia di lingkungan madrasah, keluarga dan masyarakat.

Erwin juga menganjurkan, agar kepala madrasah, guru - guru dan seluruh staf tata usaha serta siswa - siswi di lingkungan madrasah wajib disiplin mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Selain itu, Kabid Mapenda Kanwil Kementerian Agama Sumut ini menekankan kepada kepala madrasah dan guru - guru untuk meningkatan prestasi siswa dan siswi dan jangan kecewakan kepercayaan orang tua murid serta minat masyarakat yang memilih MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset sebagai tempat pendidikan anak anak mereka, ungkapnya.

Ia berharap, kepada guru - guru madrasah agar membentuk karakter siswa dan siswi yang mempunyai skill dan kemampuan dalam melaksankan kegiatan bidang keagamaan seperti pengetahuan tentang khatib, ceramah maulid Nabi Muhammad SAW serta kegiatan bidang agama lainnya sebagai cermin ilmu agama yang diterapkan bagi seluruh siswa dan siswi.

"Siswa dan siswi MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset juga harus mampu melaksanakan fardu kipayah keluarganya atau masyarakat di sekitar tempat tinggalnya," ujar Erwin Pinayungan berpesan kepada seluruh guru - guru dan tenaga pendidik di madrasah tersebut.

Sementara Hj Mahyarni Junida mengatakan pembinaan peningkatan mutu pendidikan menjadi skala prioritas madrasah sebagai program menciptakan siswa unggul dan berprestasi.

"Pembekalan bidang agama terhadap siswa dan siswi terus diterapkan dalam setiap aktivitas kegiatan proses belajar mengajar ssbagai kegiatan rutinitas utama dilingkungan madrasah," katanya. 

Ia menambahkan, seluruh guru ditekankan untuk  memberikan perhatian ke setiap siswa agar ke depan dapat menciptakan siswa yang unggul dan berprestasi yang mampu bersaing di tingkat Kabupaten, tingkat Provinsi, maupun tingkat nasional.