PALAS - Kegiatan lomba Tahfiz ayat - ayat pendek Alquran dan Dai Kamtibmas antar pelajar perlu terus ditingkatkan. Sebab selain bentuk syiar agama dan pembinaan generasi penerus bangsa, juga sebagai bekal keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Padanglawas, drg H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi saat memberikan sambutan pada penutupan kegiatan lomba Dai Kantibmas yang diselenggarakan Pemuka Agama Mitra Kantibmas (PAMK) Polres Palas, Minggu (26/9/2021) di Ponpes Ja'fariyah Huta Ibus, Kecamatan Lubuk Barumun.

Zarnawi mengapresiasi pelaksanaan lomba Dai, sebagai upaya membentuk akhlak dan moral bagi pelajar untuk bentengi diri dari pengaruh lingkungan dan dunia digital yang saat ini serba canggih dan modren.

Ia juga berpesan, kalangan pelajar di lingkungan ponpes dan madrasah serta sekolah umum untuk menjadi duta pelopor memerangi Covid-19 untuk selalu disiplin menerapkan prokes sesuai anjuran pemerintah.

" Lomba Dai program PAMK Polres Palas ini untuk lomba tahfiz ayat- ayat pendek Al Qur’an dan Dai Kamtimbas ini kedepan bisa menciptakan ulama, atau ustadz dan ustadzah yang cinta NKRI," kata Zarnawi.

Melalui lomba ini, sambungnya akan melahirkan ulama masa depan yang berperan memberi pesan - pesan Kamtibmas yang menyejukkan dalam upaya menjaga kekondusifan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Senada dengan Wabup, Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi berharap melalui kegiatan lomba tahfiz ayat-ayat pendek  Alquran ini dapat melestarikan budaya membaca serta menghafal ayat-ayat suci Alquran bagi masyarakat Palas umumnya dan khususnya kalangan pelajar.

Kapolres juga mengajak elemen masyarakat untuk membudayakan lomba Dai Kamtibmas sehingga dapat memotivasi sekaligus memberikan edukasi kepada para pelajar agar kedepan menjadi ulama penerus bangsa yang cinta NKRI dan dekat dengan semua elemen masyarakat.

"Selamat kepada peserta yang meraih juara pada kompetisi lomba Dai ini, tapi ingat jangan merasa bangga diri atas kemenangan yang diraih. Sebaliknya, bagi yang kalah jangan rendah diri dan terus belajar menjadi yang terbaik ke depan," pesan AKBP Indra Yanitra.

Hadir diacara penutupan lomba Dai PAMK Polres Palas, Asisten I Pemkab Palas, H Panguhum Nasution, Pabung Kodim 0212 Tapsel Kapten Arh Saleh Hasibuan, Inspektur Harjusli Fahri Siregar, Kadis Sosial Palas, H Achmad Fauzan Nasution, Kadispora M Rasyidi Hasibuan, Wakapolres Palas Kompol JW Sijabat, Ketua MUI Kecamatan Lubuk Barumun H Sangkot Hasibuan.