TAPTENG - Tiga unit rumah semi permanen  habis terbakar di Kelurahan Kalangan, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Minggu (26/9) sekira Jam 03.00 Wib dini hari. Peristiwa ini diduga akibat arus pendek. Kobaran api yang terus membesar, membuat barang berharga penyewa rumah, tidak dapat diselamatkan.

Informasi dihimpun, pertama kali yang melihat percikan api, Upi Aceh, istri dari Syamsudin (41), korban. Ia melihat percikan api seketika membesar dari langit rumahnya. Kejadian ini membuatnya panik dan langsung menjerit meminta pertolongan ke warga.

"Itulah gak tau api darimana datangnya, kami rasa dari arus pendek, baju dan barang berharga lainnya ludes terbakar bang," lirihnya.

Dalam peristiwa itu, empat unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi, terus berupaya memadamkan api. Kobaran api baru dapat dipadamkan sekitar Jam 04.14 Wib dini hari.

"Syukur alhamdulillah korban jiwa tidak ada," ucap Upi.

Motif kebakaran ini masih dalam penyidikan Polsek Pandan. "Tadi pagi ini pihak dari Polsek Pandan sudah kesini," timpalnya.

Akibat peristiwa ini kerugian pemilik rumah kontrakan, penyewa dan pemilik rumah ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Sementara, Kepala lingkungan Tiga Kalangan, Erma Suryani Hutagalung, menyebutkan dari tiga rumah kontrakan itu, dihuni 16 jiwa.

"Korban tidak ada pak, tapi barangnya habis terbakar semua. Untuk bantuan dari Dinas Sosial sudah saya konfirmasi," pungkasnya.