TOBA - Untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat petani pihak PT.Toba Pulp Lestari, Tbk (PT TPL) memberikan bantuan bibit jahe, alpukat serta pupuk dan pestisida untuk pendukung perawatan tanaman pada Program Tumpang Sari dan Tanaman Kehidupan di Dusun Tungkonisolu Kelompok Tani Hutan (KTH) Lam Miduk yang berjumlah 28 orang warga desa Parsoburan Barat, Kecamatan Habinsaran pada Kamis (24/09/21).

Bantuan bibit yang diberikan kepada diantaranya alpukat 700 batang, bibit jahe 1.500 Kg, kompos kotoran ayam 418 Zak, kompos mabar 28 zak, pestisida Gandasil D 20 pcs dan Pestisida Lannet 40 Sp 25 pcs.

Waldemar Rajagukguk Ketua Kelompok KTH Lam Miduk dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT.TPL yang telah memberikan perhatian dan kepeduliannya perusahaan membantu masyarakat desa Parsoburan Barat terutama Kelompok Tani Hutan mereka. Pihaknya berjanji akan berusaha dengan serius untuk mengelola bantuan yang telah diterima dan akan merawatnya dengan sebaik-baiknya, untuk mencapai hasil yang maksimal.

Dijelaskan Waldemar, alasan kelompoknya memilih bibit alpukat dan jahe sebagai bentuk bantuan dari perusahaan PT.TPL, karena di lahan yang mereka miliki bibit inilah tanaman kehidupan yang dapat berkelanjutan. "Jika memilih tanaman lain akan terkendala dengan hewan pengganggu seperti babi hutan," ungkapnya.

“Jadi memang permohonan kami ke PT TPL, memang harus bibit alpukat dan bibit jahe agar tidak diganggu binatang apapun,” tambahnya.

Humas PT TPL Sektor Habinsaran Pangeran Marpaung kepada wartawan menjelaskan kegiatan ini dilakukan juga untuk mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Toba dalam upaya meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dengan membentuk kerjasama kemitraan dengan masyarakat di sekitar wilayah operasional PT TPL sektor Habinsaran.

Tujuan utama dibentuknya kelompok ini agar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat yang bekerjasamakan dengan PT TPL sebagai pemberi donasi bantuan dalam bentuk program Tumpang Sari di area konsesi blok tanaman kehidupan. Ini salah satu komitmen PT TPL untuk terus hadir berkontribusi untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat, tegasnya.

“Harapan kita kepada KTH Lam Miduk sebagai warga desa Parsoburan Barat ke depannya PT.TPL dengan masyarakat tetap dapat hidup berdampingan dengan baik serta masyarakat bisa lebih serius dalam mengelola tanaman ini sehingga nantinya hasil panen memuaskan sebagaimana yang kita harapkan kedepan,” ujar Pangeran.

Kepala Desa Parsoburan Barat Demas Simangunsong dalam sambutannya menyampaikan dukungan dan apresiasinya atas bantuan yang diberikan oleh PT TPL ke desanya.

Disampaikannya, “Jumlah masyarakat di Desa Parsoburan Barat berjumlah 140 KK, memang rata-rata berprofesi sebagi petani. Oleh karena itu bantuan ini merupakan bentuk implementasi kepedulian perusahaan terhadap masyarakat termasuk semua kelompok tani yang ada di Dusun Tungkonisolu dan terkhusus untuk KTH Lam Miduk yang menerima bantuan hari ini,” sebut Demas.

Demas juga menyampaikan semua kelompok tani yang ada di Dusun Tungkonisolu agar mempergunakan bantuan bibit ini dengan baik sehingga dapat berhasil. Sebab menurutnya, PT TPL sudah memberikan bantuan yang banyak kepada KTH Lam Miduk, masyarakat Dusun Tungkonisolu dan Desa Parsoburan Barat secara umum.*