PALAS - Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Padanglawas Plus Keterampilan dan Riset menerima vaksin dosis pertama untuk pelajar. Kegiatan vaksinasi ini pihak madrasah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Palas melalui Puskesmas Sibuhuan, Sabtu (25/9/2021) di Aula MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset.

Pelaksanaan vaksinasi berlangsung selama 5 hari dimulai Rabu (22/9/2021) sampai Senin (27/9/2021) yang ditangani vaksinator dari tim vaksinasi Puskesmas Sibuhuan.

Jumlah peserta yang mengikuti vaksinasi sebanyak 977 orang mulai dari kelas X, XI dan XII di lingkungan madrasah tersebut.

Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Hj Mahyarni Junida Nasution SPd MA mengatakan jumlah siswa yang mengikuti vaksin sebanyak 977 siswa.

"Bagi siswa yang sudah menerima vaksin dosis pertama juga harus disiplin protokol kesehatan secara ketat untuk menjaga diri dari serangan wabah virus corona disease," imbaunya kepada seluruh siswa sebelum vaksinasi.

Kata Mahyarni, siswa diwajibkan tertib saat mengikuti vaksinasi sebagai bentuk mendukung program pemerintah untuk kegiatan proses pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di lingkungan madrasah.

Sebelumnya, katanya para guru, tenaga pendidik telah menjalani vaksin dosis pertama dan berlanjut dosis kedua bersama dengan siswa yang menerima dosis pertama.

Ia berharap, dukungan orang tua siswa turut serta menyukseskan gerakan vaksinasi nasional ini.

Dengan banyak siswa yang telah divaksin maka pembelajaran tatap muka akan semakin terbuka, sehingga kegiatan belajar mengajar di madrasah dapat berlangsung normal kembali, harapnya.

“Usaha dan ikhtiar telah dilaksanakan dengan adanya vaksinasi untuk guru, tenaga kependidikan dan siswa dalam rangka memutus penyebaran Covid-19, tinggal doa kepada Allah SWT agar pandemi segera berakhir sehingga aktivitas kembali normal," katanya.

Sebelumnya Wakil Kepala Madrasah bidang kesiswaan, Sahut Martua Lubis SAg dan bidang Humas, Amris menjelaskan, kegiatan vaksinasi menerapkan prokes yang diatur per kelas sehingga tidak menimbulkan kerumunan peserta yang mengikuti vaksinasi.

"Mulai siswa kelas X sampai XII, antusias mengikuti vaksinasi secara tertib yang disesuaikan dengan jadwal pelaksanaan mulai Rabu dan berakhir sampai Senin (27/9/2021)," tutup Sahut.