MEDAN - Mendadak heboh ada seekor harimau sumatera di kebun binatang Medan Zoo di Jalan Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan memakan rumput di area kandang. Berdasarkan keterangan dalam video yang diunggah pada 11 September 2021 oleh seorang pengunjung yang tak mau disebutkan namanya bahwa harimau itu tampak kurus dan sedang makan rumput.

Melihat hal itu Dokter hewan Medan Zoo melalui Plt KBB Sumatera Utara (Sumut) Irzal Azhar di Medan menjelaskan, harimau tersebut sedang sakit dan mengalami gangguan pencernaan serta cacingan.

"Men-temen, saya jelaskan, kondisi harimau yang fotonya viral semalam saat ini sedang sakit karena gangguan pencernaan dan cacingan menurut dokter hewan di Medan Zoo," kata Irzal Jumat, (24/9/2021).

Irzal menambahkan, sekarang harimau itu sedang menjalani proses perawatan dan pengobatan oleh pihak dokter hewan di Medan Zoo.

"Kami sudah turunkan tim pagi ini ke Medan Zoo untuk memeriksa kondisi harimau disana, kami sedang menunggu hasil tim," pungkasnya.

Hal tersebut turut di ditanggapi oleh Kordinator Advokasi Garda Animalia Ratna Surya.
"Kalau ini benar, peristiwa memprihatinkan, ini bukan pertama kali terjadi di lembaga konservasi. Seharusnya pemerintah serius mengawasi pengelolaan kebun binatang, apalagi lembaga ini dikelola oleh negara," tutur Ratna Surya. *