TAPUT - Hanya dalam hitungan waktu dua jam lima unit rumah milik warga dan sepuluh kios milik Pemkab Tapanuli Utara (TAPUT) habis di lalap sijago merah Rabu (22/9/21) . Api membakar rumah milik warga dan kios milik pemda Taput tersebut terjadi sekira pukul 12.00 Wib, setengah jam peristiwa kebakaran terjadi mobil Damkar milik Pemkab Taput dari Tarutung tiba untuk melakukan pemadamaan lebih dari 1 jam, api baru bisa dipadamkankan, sekitar pukul 14.00 Wib.

Kapolres Taput AKBP Ronald Sipayung SH SIK MH melalui Kasubbag Humas Aiptu W Baringbing saat di konfirmasi wartawan membenarkan peristiwa kebakaran tersebut.

Dijelaskannya, peristiwa kebakaran tersebut terjadi di Jalan Dolok Martimbang Kelurahan Pasar Siborongborong Kecamatan  Siborongborong Tapanuli Utara.

Peristiwa kebakaran ini sebutnya, menghanguskan total lima belas unit rumah dan ruko, di antaranya 5 unit rumah milik warga semi permanen dan 10 unit kios milik pemkab Taput yang terbuat dari papan dan sudah tua.

Pemilik rumah korban kebakaran dalam peristiwa tersebut di antaranya Arion Panjaitan (40), Liston Nababan (40), Pasal Sihombing (43), Dances Silaban (38) dan Marik Hutagalung (35). Semua korban adalah warga Jalan Dolok Martimbang Kelurahan pasar Siborongborong Kecamatan Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara.

Disampaikan Aiptu W Barimbing, terjadinya kebakaran, sementara dari hasil keterangan saksi yang berhasil dihimpun tim pemeriksa dari Kepolisian diperoleh informasi bahwa api bersumber dari rumah Arion Panjaitan. Karena tiupan angin yang kencang membuat api dengan cepatnya api merambat ke rumah warga yang lain. 

Akibat makin cepatnya api melahap semua rumah dikarenakan posisi rumah yang rapat, sedangkan kios milik pemkab tepat di belakang rumah yang terbakar, terangnya.

Disampaikannya, dalam peristiwa kebakaran tersebut tidak ada korban nyawa, namun kerugian ditaksir milliaran rupiah.