PALAS - Guna meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, Polres Padanglawas (Palas) melaksanakan Operasi Patuh Toba 2021 di Pusat Pasar Tradisional Sibuhuan.

Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi melalui Kasat Lantas AKP Alfian Arbie SH menjelaskan, operasi patuh Toba 2021 ini dilaksanakan selama 14 hari mulai 20 September sampai 3 Oktober mendatang, dengan pola penindakan humanis terhadap masyarakat yang melanggar tertib lalu lintas seperti tidak memiliki dokumen kendaraan serta tidak mengunakan helm pengaman SNI.

Sementara untuk prioritas Operasi Patuh Toba 2021 ini memiliki 4 sasaran karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Karenanya, masih terfokus pada sasaran yang berpotensi menyebarkan kcluster baru Covid-19.

Selain itu, kata dia bagi masyarakat yang tidak disiplin berlalu lintas, akan ditindak tegas sesuai ketentuan dan aturan.

Lebih lanjut Kasat Lantas Polres Palas menjelaskan, operasi patuh toba ini bertujuan agar masyarakat mengutamakan keselamatan dalam berkenderaan serta mengurangi mobilitasi masyarakat upaya memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

"Tujuan operasi ini agar masyarakat bisa disiplin berlalu lintas dan juga untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas," katanya.

Melalui operasi patuh Toba 2021 ini diharapkan kepatuhan masyarakat disiplin prokes meningkat dan menerapkan pola 5M guna memutus mata rantai penyebaran Covid -19, tambahnya.