SIANTAR - Untuk mencegah terjadinya gangguan Kamtib dan hal yang tidak diinginkan, Lapas Kelas IIA Pematangsiantar melakukan Razia Rutin dikamar warga binaan. Razia dilaksanakan 2 Tim, yakni Satgas Kamtib Petir 1 dan 2. Dimana razia tersebut dipimpin langsung Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka KPLP) Sahat Bangun dan juga Kasi ADM Kamtib Boheira Pardede. 

"Razia kali ini, kita berfokus kepada blok Dolok Kamar 1 sampai dengan kamar 13 dan blok Enggang kamar 1 sampai dengan kamar 10. Pemeriksaan dilakukan sampai ke sudut kamar," terang KPLP Sahat Bangun, Selasa (21/09/2021) sekira pukul 14.00 Wib. 

Dari razia yang dilakukan, petugas menemukan sejumlah barang bukti berupa 3 unit handphone, charger handphone dan lainnya dan tidak ada ditemukan narkoba. Selanjutnya barang bukti tersebut didata untuk dilaporkan, kemudian di musnahkan dengan cara dibakar. 

Tidak hanya razia yang dilakukan pihak Lapas Kelas IIA, mereka juga melakukan pemeriksaan kondisi kamar terutama instalasi listrik agar tidak terjadi korsleting listrik yang bisa menyebabkan kebakaran, dan juga memeriksa  kondisi kamar yang harus mendapatkan perbaikan atau perawatan. 

Kasi ADM Kamtib Boheira Pardede, menyampaikan razia ini untuk meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban dalam lapas, dengan cara razia, melakukan penggeledahan kamar beserta badan warga binaan. 

Hal senada juga dikatakan KPLP Sahat Bangun, pihaknya akan terus melakukan kegiatan razia secara rutin. 

"Ini kita lakukan demi terwujudnya Lapas kelas IIA Pematang Siantar yang Bersinar (bersih dari Narkoba) dan juga demi meningkatkan keamanan dan ketertiban di dalam lapas ini. Jajaran pengamanan harus terus meningkatkan pengawasan dan ketelitian saat bertugas," tutupnya.