PALAS - Tokoh masyarakat dan warga suku jawa sunda yang bermukim di Desa Ujung Batu IV, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padanglawas, menilai sosok Wakil Ketua DPRD Palas, Sahrun Hasibuan memiliki kepribadian jiwa nasionalis dan amanah. Hal itu disampaikan Tokoh Masyarakat Jawa Sunda Palas, H.Edy bertepatan dengan HUT 52 tahun Sahrun Hasibuan tepatnya 9 September 1968.

Menurut Edy, sosok Wakil Ketua DPRD Kabupaten Palas, Sahrun Hasibuan memiliki kepribadian yang santun, amanah serta tulus kepada siapapun tanpa membedakan suku apapun tetap saudara dan sahabat baginya.

"Sahrun Hasibuan dikenal kalangan warga jawa sunda sosok nasionalis yang peduli sesama dan merangkul semua orang menjadi saudaranya," tutur H.Edy, Sabtu (11/9/2021).

Ternyata di Kabupaten Palas ini, lanjutnya, mereka memiliki saudara yang memberikan inspirasi kepedulian kepada suku Jawa Sunda yang tidak dikucilkan dari suku lainnya.

H.Edy menceritakan, awal mula dirinya dirinya bersama warga lainnya menetap di wilayah Kabupaten Palas.

"Pada tahun 1983, saya bersama warga suku Jawa Sunda lainnya hijrah dari kampung halaman Jawa Barat menuju Sumatera Utara sebagai peserta program transmigrasi pemerintah," ucap Edy menceritakan kisahnya sampai ke Palas ini.

Sesuai petuah orangtua, sambung dia, di mana tanah dipijak, di situ langit di junjung. "Artinya kami tinggalkan saudara kami di tanah sunda, tentu kami mencari saudara di Sumatera ini. Ternyata sosok Sahrun Hasibuan yang selaras dan selalu memberikan motivasi kepada kami bahwa kami harus bekerja dan membangun kehidupan yang lebih baik untuk masa depan," tuturnya diawal mengenal Wakil Ketua DPRD Palas ini.

H.Edy menuturkan, salah satu saudara mereka di daerah ini adalah Sahrun Hasibuan yang telah dianggap sebagai saudara sendiri, bukan karena jabatannya Wakil Ketua DPRD Palas saat ini.

"Tapi jauh sebelumnya sudah kami kenal dan tahun betul karakternya sebagai seorang yang tulus, ikhlas dan santun bergaul dengan masyarakat tanpa membeda suku dan ras, tetapi membaur dengan menjalin silaturahmi dengan semua orang," katanya.

Ia menambahkan, Sahrun Hasibuan dinilai orang yang peduli dan perhatian, karena selalu mendengarkan keluh kesah dan menampung aspirasi mereka sebagai warga.

Contoh nyata yang telah dilakukan Sahrun Hasibuan untuk warga di Desa Ujung Batu IV ini yang selama ini tidak pernah mendapat bantuan.

"Tapi pada saat kunjungan resesnya ke desa ini, Alhamdulilah aspirasi kami memohon bantuan lokal madrasah telah tersahuti dan mendapat bantuan ruang kelas belajar (RKB)," ucap Tokoh Masyarakat suku jawa sunda didaerah Kecamatan Hutaraja Tinggi ini.

"Kami masyarakat Desa Ujung Batu IV berterima kasih pada beliau dan berharap kepada Sahrun Hasibuan tetap menjadi pribadi yang amanah dan berjiwa nasionalis dalam mengemban tugas pelayanan kepada masyarakat sebagai anggota Dewan yang peduli warga," tutup H.Edy.