MEDAN - Setelah sukses melaksanakan Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit selama 4 bulan di Depok, Jawa Barat, kini XL Axiata Tbk menyasar warga Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Vaksinasi yang dilaksanakan ini meliputi warga di Kecamatan Medan Selayang, Medan Johor, Medan Sunggal dan juga Medan Tembung serta di RSUP H Adam Malik. Dengan target 200 orang per hari di setiap kecamatan.

"Ini kedua yang XL Axiata lakukan, yang pertama kemarin kita lakukan selama 4 bulan di Depok. Jadi XL sebagai salah satu pelaku industri telekomunikasi, bukan hanya melaksanakan tugas pokoknya sebagai penyediaan infrastruktur telekomunikasi saja, sekolah maupun semua kegiatan dari rumah. Namun kita juga ikut aktif berpartisipasi mendukung program pemerintah dalam mempercepat penyelesaian dan pelaksanaan vaksinasi 1 juta vaksin per hari sebagaimana yang diharapkan Presiden Joko Widodo," sebut Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa saat seremoni peresmian Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di Kantor Kecamatan Medan Selayang, Rabu (8/9/2021) pagi.

I Gede juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung vaksinasi ini, karena program-program ini multisektoral, bukan hanya dari pemerintah, bukan hanya dari rumah sakit, tapi juga semua pelaku industri yang berkepentingan terhadap cepat berakhirnya pandemi Covid 19 di Indonesia.

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih buat kita semua," ucapnya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama (Dirut) RSUP HAM dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP menjelaskan, vaksinasi seperti ini sangat diharapkan oleh pemerintah untuk mencapai sasaran percepatan dari vaksinasi.

"Bagi kami Rumah Sakit Adam Malik sebenarnya dari mulai awal vaksinasi selalu setiap hari mengadakan vaksinasi. Biasanya kita melakukan antara 250-300 orang. Dengan adanya kerjasama dengan XL dan dukungan dari Pak Wali, maka mulai hari ini di Adam Malik akan melakukan (vaksinasi kepada) 500 orang per hari," jelasnya.

Untuk pendaftarannya, sambung Zainal, dilakukan secara online dan tanpa melihat KTP dari mana domisili peserta yang ingin divaksinasi.

"Kalau kita buka memang kan dua jam, tiga jam, sudah habis. Tapi nanti ini hari Sabtu, kemudian akan dibuka online kembali. Jadi akan berlangsung selama 2 bulan. Mudah-mudahan kami bisa berkontribusi terhadap target yang ditetapkan oleh Bapak Presiden kita satu juta per hari minimal," tandasnya.

Sementara itu, Walikota Medan Bobby Nasution, mengucapkan terima kasih kepada XL Axiata yang hari ini masuk ke Kota Medan membantu program vaksinasi di Kota Medan.

"Di mana kita ketahui ada 4 pokok untuk memutus mata rantai Covid 19, yang terakhir nomor 4 itu adalah vaksinasi. Tiga hal yang selama ini sudah kita lakukan, ditambah dengan vaksinasi yang selalu kita galakkan. Ini tentunya perlu kerjasama, perlu kolaborasi dengan seluruh stakeholder yang ada di Kota Medan," ungkap Bobby.

Bobby menyebutkan, vaksinasi di Kecamatan Medan Selayang ini bukan hanya dilakukan di kantor kecamatan ini saja, namun juga dilakukan di puskesmas.

"Jadi apa yang dilakukan oleh XL Axiata, bukan menggantikan apa yang kami lakukan, namun menambah seperti yang di RSU Adam Malik, dari 200 orang menjadi 500 orang. Kita akan perbanyak lagi, karena masih sangat banyak potensial yang bisa kita lakukan," jelasnya.