LHOKSEUMAWE – Kawasan hutan seluas 5 hektar di Gampong Kareung, Kecamatan Batee, Kabupaten Pidie, Aceh ludes terbakar. Api dengan cepat menyebar dan menghanguskan hutan. Apalagi beberapa hari terakhir ini suhu panas di Aceh tergolong tinggi. Pasukan TNI dari Kodim 0102 Pidie dikerahkan untuk memblokir api, agar tidak merambat ke perkampungan penduduk.

Dandim 0102/Pidie Letkol Arh Tengku Sony Sanatha, ketika dikonfirmasi, Selasa (7/9/2021) membenarkan peristiwa kebakaran hutan di Gampong Kareung, Kecamatan Batee, Kabupaten Pidie.

“Benar telah terjadi kebakaran dan menghanguskan sedikitnya 5 hektar lahan kosong, sekarang petugas TNI lagi dikerahkan untuk membantu memadamkan api,” ungkapnya.

Titik api, urai Dandim 0102/Pidie, diketahui dari hotspot yang digunakan oleh Koramil 23/Batee. “Titik api diketahui dari hotspot Koramil 23/Batee, mengenai penyebab kebakaran, saat ini masih dalam penyelidikan dari Polsek setempat, ” ungkapnya.

Selanjutnya, Komandan Kodim 0102/Pidie Letkol Arh Tengku Sony Sanatha menambahkan, upaya preventif telah dilakukan oleh para Babinsa TNI khususnya di Koramil wilayah Kabupaten Pidie baik berupa imbauan kepada masyarakat hingga melakukan pemadaman kebakaran, sehingga bisa menjadi panduan akan rentannya kebakaran hutan saat musim kemarau ini.

"TNI khususnya Kodim 0102/Pidie dan jajaran tetap siaga mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di musim kemarau saat ini. Masyarakat diharapkan sadar akan bahaya melakukan pembakaran hutan yang menimbulkan bencana," terangnya.

Kerjasama para Babinsa dan Babinkabtimas serta warga setempat, lahan seluas 5 hektare tersebut berhasil dipadamkan pada pukul 10.20 walau medan lokasi kebakaran sulit ditempuh.