BERASTAGI – Sudaryono berhasil terpilih sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (DPP APPSI) dalam Musyawarah Nasional (Munas) IV di Mikie Holliday Hotel & Resort, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), yang berakhir Minggu (22/8/21) dinihari. Dalam pemungutan suara yang dilaksanakan tertutup, Sudaryono yang merupakan calon millennial mengungguli Yudianto Tri. Pria berusia 36 tahun tersebut meraih 179 suara sah, sementara Yudianto Tri 94 suara. Separuh lebih pengurus DPW dan DPD APPSI mengikuti Munas dan pemilihan suara secara virtual dalam rangka penerapan protokol kesehatan (prokes).
 
Kemenangan Sudaryono langsung disambut haru peserta Munas yang sebagian besar merupakan kalangan millennial. Nama Sudaryono pun menggema di ruangan Munas. Yel-yel ‘Pedagang-Pejuang, Pejuang-Pedagang’ yang menjadi jargon Sudaryono pun diteriakkan peserta.
 
Dalam pidato kemenangan usai perhitungan suara, Sudaryono mengatakan, ia akan berkolaborasi dengan Yudianto Tri dan seluruh pengurus serta kader untuk bersama-sama membesarkan APPSI. “Terimakasih kepada seluruh peserta Munas APPSI yang mempercayakan kepengurusan APPSI kepada kami. Kami akan tetap berkerjasama dan berkoordinasi dengan Pak Tri dalam menjalankan visi dan misi organisasi,” ujarnya.
 
Sejatinya, lanjut Sudaryono, Munas APPSI bukanlan pertandingan sepakbola-dimana ada pemenang dan ada yang kalah. “Ini bukan Piala Dunia, tapi ini kompetisi demokratis dan saling menghormati, Pak Tri adalah bagian dari APPSI, dan kita akan sama-sama membesarkan organisasi ini. Saya juga mohon bimbingan, arahan dan tuntunan dari pengurus APPSI dari DPP, DPW hingga DPD,” sebutnya.
 
“Dengan niat yang tulus dan doa kepada Allah SWT, izinkan saya menjalankan visi dan misi untuk membantu dan membesarkan pedagang pasar. Nasib kita yang mengubahnya harus kita sendiri. “Allah SWT Tak Akan Mengubah Nasib Suatu Kaum, Kecuali Kaum Itu Sendiri yang Mengubahnya,” ucap Sudaryono mengutip ayat suci Al-Quran.
 
Ditanya terpisah terkait program terbesar yang akan dilaksanakannya setelah terpilih, Sudaryono mengatakan ada beberapa yang akan dilakukan segera. Di antaranya advokasi pedagang pasar, sehingga terlindungi dan memiliki posisi tawar yang tinggi bila suatu ketika terjadi problem. Dia juga akan melakukan digitalisasi sistem, sehingga memudahkan pedagang pasar dalam beraktivitas.
 
Sementara Yudianto Tri yang terlihat kompak dengan Sudaryono mengucapkan selamat atas terpilihnya sang rekan sekaligus rivalnya tersebut. “Selamat kepada Mas Dar (panggilan Sudaryono, Red). Inilah (Sudaryono) tokoh muda yang akan membawa APPSI dan para pedagang pasar 5 tahun ke depan. Selamat berkerja, saya mendukung. Ini sejarah. Inilah Munas paling demokratis. Dan, saya bangga bagian dari demokrasi itu,” sebutnya.
 
Setelah penetapan Ketua Umum DPP APPSI periode 2021-2026, dilakukan penyerahan Pataka oleh Ketua Demisioner Ferry Juliantono kepada Sudaryono.
Di akhir acara, Ketua DPW APPSI Sumut HM Husni SE MM memberikan Uis (ulos Karo) kepada Sudaryono dan Yudianto Tri, sebagai tanda kehormatan dan kebesaran. Husni juga memberikan hadiah kepada keduanya dan seluruh pengurus DPP berupa sepatu produksi Sumut yang dahulu pernah melegenda dan meminta mereka untuk memakainya.
 
“Ini adalah sepatu Bunut dari Asahan. Dahulu sepatu ini pernah diekspor dan membanjiri pasar dalam negeri. Sepatu ini adalah hasil produksi UKM kebanggaan Sumatera Utara,” ujar Husni. Di tempat yang sama, Husni juga memberikan hadiah bubuk kopi asli Sumut, ‘Tooke Kopi’ yang menjadi sponsor di Munas IV APPSI. (*)