PALAS - Semarak memeriahkan HUT RI ke 76 di tengah masyarakat masih diisi dengan hiburan berbagai macam kegiatan lomba di Kecamatan Barumun.

Seperti lomba makan kerupuk,lomba tarik tambang dan lomba bola dangdut,lomba lari goni dan lomba panjat pinang yang menjadi tontonan warga.

Camat Lubuk Barumun, Sulaiman Harahap mengatakan semarak memeriah peringatan HUT RI ke 76 masih terus bergelora di tengah masyarakat desa dan lingkungan.

Dikatakan berbagai perlombaan digelar warga sebagai hiburan, lomba panjat pinang sebagai hiburan yang paling banyak menarik perhatian sebagai moment semarak kemerdekaan.

"Lomba panjat pinang cukup menyedot perhatian warga sebagai hiburan yang lucu dan menarik sehingga mengundang gelak tawa melihat tingkah para pemanjat pinang yang berlumuran gemuk," kata Sulaiman, Minggu (22/8/2021).

Tradisi lomba panjat pinang ini, lanjut dia, sudah menjadi kelaziman bagi warga untuk memeriahkan HUT RI sebagai hiburan yang asik dan menghibur.

Diharapkan, hiburan panjat pinang ini menjadi bentuk sosialisasi bagi warga untuk membudaya sikap gotong royong yang saling bahu membahu satu dan lainnya untuk meraih keberhasilan.

Sebelumnya Lurah Pasar Sibuhuan, Solaiman Hasibuan juga menimpali penyataan Camat Lubuk Barumun.

Menurut dia, makna hakiki dari pada Peringatan HUT RI adalah semangat kebersamaan yang membangun bangsa dan karakter bangsa Indonesia yang lebih baik dengan memgkedepankan semangat gotong royong secara bersama untuk meraih keberhasilan yang lebih baik.

"Lomba panjat pinang memgandung makna penting tentang tidak ada perbedaan satu dan lain untuk tetap bersatu,tentu hal ini menjadi potensi dan kelebihan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia,"terangnya.

Soleman menambahkan, tujuan utama kegiatan panjat pinang selain sebagai hiburan juga sebagai bentuk membangun kekompakan dan kerjasama warga untuk tetap bersatu padu bingkai Bhineka Tunggal Ika.