PADANGSIDIMPUAN - Tepat Pukul 00.01 WIB, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini bertindak selaku Inspektur Upacara pada apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan di Jalan Mangaraja Maradat, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, Selasa (17/8/2021). Apel Kehormatan dan Renungan suci di Taman Makam Pahlawan Padangsidimpuan, turut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di antaranya Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, Ketua DPRD Siwan Siswanto, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Mewakili Kejari, Mewakili Dandim 0212/TS, Kepala Lembaga Pemasyarakatan, Sekretaris Daerah Letnan Dalimunthe, Pimpinan OPD, TNI dan Polri, Pramuka.

Upacara diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, pembacaan renungan suci, dan pembacaan do’a.

Apel kehormatan dan renungan suci merupakan agenda rutin tahunan dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan, dan sebagai renungan untuk melanjutkan perjuangan para pendiri bangsa.

Upacara renungan suci menerapkan protokol kesehatan ketat. Setiap peserta renungan suci diwajibkan memakai masker.