LABUHANBATU - Semalaman diguyur hujan lebat, membuat hampir seluruh wilayah Kota Rantauprapat terendam banjir. Hujan terjadi pada Minggu (15/8) sekitar pukul 22.00 berlangsung hingga Senin (16/8/2021). Menindaklanjuti dampak dari curah hujan yang terjadi, Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan bersama personel turun meninjau langsung ke lokasi pemukiman masyarakat yang terendam air dan di titik banjir lainnya.

Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan mengatakan, pihaknya telah mengerahkan personel untuk turun ke pemukiman warga yang terendam banjir guna membantu mengevakuasi warga yang terjebak dan mengarahkan personel ke jalan lintas untuk mengatur arus lalu lintas yang tergenang air.

"Saya sudah mengarahkan kepada seluruh personil untuk turun kelokasi banjir untuk membantu mengevakuasi masyarakat dan mengatur arus lalu lintas," ucapnya, Senin (16/8/2021).

Dari pagi hingga sore hari, rombongan Kapolres Labuhanbatu masih tetap di lokasi pemukiman masyarakat yang terendam banjir dan membagikan sembako serta makanan kepada masyarakat yang terdampak.

"Alhamdullilah sampai saat ini ada beberapa lokasi pemukiman masyarakat yang terendam banjir dengan ketinggian air sudah mulai berkurang dan arus lalu lintas yang sempat terganggu karena luapan air hingga kejalan sudah mulai bisa dilintasi," tutur Kapolres.

Rombongan Polres Labuhanbatu membagikan bantuan di Jalan Sempurna, Kelurahan Bakaranbatu, Kecamatan Rantau Selatan dan di Lingkungan Sibuaya, Kelurahan Sioldengan, Kecamatan Rantau Utara.

Adapun bantuan yang dibagikan berupa 200 bungkus nasi bungkus, 3 kotak aqua, 15 karung beras, dan 15 kardus indomie.

Selain itu Polres Labuhanbatu juga menyalurkan sembako dari Kapolda Sumut di wilayah hukum Polres Labuhanbatu berupa beras 10 kg sebayak 265 karung, minyak 250 liter, gula pasir 250 kg, mie instan 265 kotak, bubuk teh 250 kotak, 200 nasi bungkus.

"Untuk Polsek jajaran kita menyalurkan beras sebanyak 360 karung seberat 10 kg, 120 karung beras 5 kg, 480 liter minyak goreng, 480 kg gula pasir, 480 kotak mie instan, 480 kotak bubuk teh.

Dalam pelaksanaannya, personel tetap menghimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan covid 19 dengan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas).

Masyarakat penerima bansos juga mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak atas bantuan sosial yang diberikan pada masa pandemi covid 19 saat ini.