PADANGSIDIMPUAN - Banyak cara yang dilakukan dalam memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Di Padangsidimpuan, puluhan ibu-ibu (emak-emak) warga Jalan Alboin Hutabarat Lingkungan 3 Kampung Darek/Ancol, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, menggelar upacara peringatan HUT RI ke 76 dengan cara unik dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes), Selasa (17/8/2021). Dengan mengenakan baju merah putih, 'emak-emak' rumah tangga ini mengikuti rangkaian upacara tersebut. Bahkan mereka juga terlihat begitu bersemangat saat pengibaran bendera merah putih dan diiringi lagu Indonesia Raya.

Pada saat pengibaran bendera merah putih, mereka layaknya anggota Paskibraka dimana tiga orang ibu-ibu bertugas membawa bendera dan melangkahkan kakinya dengan mantap menuju tiang bendera.

Suasana upacara kemerdekaan semakin khidmat saat lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang.

Bertindak sebagai inspektur upacara Saiba Rumonda.

"Sebagai kaum ibu, mereka harus mampu mengemban tugas serta mendidik anak-anak agar lebih maju ke depannya," ucapnya kepada awak media, Selasa (17/8/2021).

Tetes air mata pun 'pecah' ketika doa dibacakan salah satu kaum ibu tersebut.

Setelah pengibaran bendera selesai, perasaan cemas para 'emak-emak' ini pun berangsur hilang saat mereka berhasil mengibarkan sang saka merah putih.

Selanjutnya, dengan membentangkan spanduk bertuliskan "Emak-emak Ancol of the power" melanjutkan long mars di sepanjang Jalan Albion Hutabarat, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan.