SERGAI - Seorang petugas PLN rayon Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah, Sergai, Kamis (12/8/2021) sekira pukul 09.30 tersengat arus listrik di tiang PLN saat hendak melakukan perbaikan pemadaman.

Atas kejadian tersebut, membuat warga Dusun IV Desa Pematang Pelintahan, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, menjadi geger, setelah mendengar suara meminta tolong di atas tiang listrik PLN.

Informasi yang diperoleh GoSumut, petugas PLN yang tersengat
arus listrik diketahui bernama Muhammad Misran (45) warga Sampali, Kota Medan.

"Awalnya dia sedang memperbaiki di atas bagian pin atas agar tidak bolak balik listrik padam. Biar aman," ucap mandor lapangan yang enggan disebut namanya saat di RSUD Sultan Sulaiman.

Menurutnya, korban merupakan pekerja buruh harian lepas (BHL). Atas isiden tersebut korban hanya mengalami luka di bagian tangan dan paha akibat tersengat listrik.

Padahal, sambung mandor, dia sudah mewanti wanti korban melalui rekannya.

"Teman korban tidak ada menyuruh korban untuk naik di atas. Tapi korban tetap naik sendiri tanpa adanya perintah dari kami. Bahkan menurut pengakuan korban, dia seperti ada yang bisik-bisikan 'naik naik'," jelas Mandor lapangan.

"Korban adalah warga sempali kota Medan. Bahkan petugas PLN di lapangan sebanyak 14 orang," ujar Mandor PLN yang merupakan warga Firdaus yang tinggal di Patumbak.

Senada juga dikatakan Iwan (45) warga Dusun IV Desa Sentang, Kecamatan Sei Rampah, Sergai. Dia mengaku, terdengar suara meminta tolong
di areal masjid, namun secara pandang di depan mata tidak ada orang satupun di lokasi yang meminta tolong.

"Setelah didekati ternyata di atas terlihat seorang petugas PLN meminta pertolongan akibat kesetrum arus listrik," ucap Iwan.

Saat itu juga, sambung Iwan, warga yang berada di lokasi langsung ramai melihat kejadian tersebut. Namun warga sekitar tidak bisa menolongnya karena petugas PLN masih di atas tiang listrik.

Setelah itu, warga sekitar langsung mencari teman maupun sahabat korban. Tapi tidak membuahkan hasil, selang bebeberapa menit baru datang rekannya petugas PLN. Kemudian petugas PLN langsung menolong korban dengan cara naik ke atas menggunakan tali.

"Kejadian kurang lebih sekitar pukul 09.30, namun kurang lebih 30 menit korban berhasil di tolong dengan kondisi selamat dan hanya mengalami lemas saja kita lihat tadi," jelas Iwan melihat kronologis kejadian.

Korban selanjutnya dibawa ke masjid terdekat, karena mengalami luka bakar, korban langsung dilarikan ke RSUD Sultan Sulaiman guna mendapatkan pertolongan.