TAPUT - Warga Dusun Hau Sisada Sada, Desa Hutaraja Hasundutan, Kecamatan Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, Rabu (11/8/2021) mengikuti vaksinasi tahap II. Terpantau warga begitu antusias mengikuti anjuran pemerintah untuk melaksanakan vaksinasi tahap II dalam pencegahan penyebaran Covid-19.
 
Salah seorang ibu rumah tangga L.Panjaitan terlihat tersenyum sumringah setelah mendapat suntikan vaksin Covid -19 tahap II.
 
Dikatakan ibu yang biasa dipanggil Mak Rani ini usai mendapatkan vaksin tahap II mengatakan, perasaannya sudah lega. Sebab sudah dua kali mendapatkan vaksin Covid-19.
 
"Yang jelas kita sudah merasa lega sekarang, sudah mendapatkan vaksin ke dua," ujar Mak Rani.
 
Dikatakan seperti itu, karena pandemi Covid-19 ini sudah pada situasi yang mengkhawatirkan. Apalagi baginya yang selalu bepergian antar kabupaten untuk mengantar Ulos.
 
Sebab terkadang dalam pemeriksaan di perbatasan kabupaten, surat vaksinasi tahap II selalu diutamakan. Sehingga menjadi kendala dalam pekerjaannya. 
 
Disinggung keyakinannya dengan efektifitas vaksin untuk mencegah ataupun mengurangi penyebaran Covid-19, dengan senyum dia mengatakan, harus yakin dengan pemerintah.
 
"Bagaimanapun itukan program wajib dari pemerintah,yang harus diikuti setiap warga. Intinya kita harus yakin, pemerintah akan berbuat yang terbaik untuk warganya.Dan selalu prokes serta jaga kesehatan," pungkas Mak Rani sembari meninggalkan gedung gereja Immanuel tempat dilaksanakannya Vaksinasi.
 
Di tempat yang sama,Kepala Puskesmas (Kapus) Roida SKM,
menyebutkan pada pelaksanaan vaksinasi ini. Merupakan vaksinasi jemput bola ke desa dari Dinas Kesehatan Taput yang langsung ke warga dengan sasaran vaksin 273 warga dusun Hau sisada sada.
 
Lebih jauh dikatakan Kapus, walaupun sudah mendapatkan vaksin Tahap II bukan berarti imun dengan covid-19. Hal itu mengingat varian virus covid-19.
 
Untuk itu Kapus menyarankan agar setiap warga selalu menjaga prokes, menjaga kesehatan dan terutama jangan menjauhi maupun mengucilkan apabila ada warga yang terpapar covid-19.
 
"Vaksin ini bukan berarti kita immun terhadap Covid-19, karena itu kita harus mematuhi Prokes, menjaga kesehatan.Dan terutama jangan mengucilkan warga yang terpapar covid-19, berilah mereka semangat," pungkas Roida.