LABUHANBATU - Puncak peringatan HUT ke 76 Kemerdekaan RI yang diperingati pada 17 Agustus mendatang, berbagai persiapan untuk mensukseskan hari bersejarah Negara Republik Indonesia terus dilakukan oleh intansi pemerintahan di seluruh Indonesia diantaranya persiapan Paskibraka termasuk di Kabupaten Labuhanbatu. Setidaknya 48 peserta Paskibraka Labuhanbatu mengikuti pelatihan berbagai formasi di lapangan BKD Kabupaten Labuhanbatu Jalan H.Idris Hasibuan Rantauprapat, Kecamatan Rantau Selatan, selama 14 hari dimulai 4 Agustus hingga hari puncak 17 Agustus 2021.

Senin 9 Agustus 2021, para peserta Paskibraka Labuhanbatu terdiri dari 23 putri dan 25 putra yang berasal dari berbagai sekolah SMA sederajat di 9 kecamatan se Kabupaten Labuhanbatu terlihat aktif dan serius menerima pelatihan dari pelatih yang berasal dari 2 personel TNI, 2 personel Polri, 2 personel Purna Paskibraka Labuhanbatu dan satu personel dari UPT Disdik Provinsi Sumatera Utara.

Kadispora Labuhanbatu Syahrizal Melalui Kabid kepemudaan Disporabudpar Labuhanbatu Riduan Sinaga, menyebutkan pelatihan dimaksud sebagai persiapam peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang.

"Seluruh peserta kita berikan pelatihan bermacam-macam cara, mulai dari baris berbaris, pembawa baki dan pimpinan barisan kita seleksi di sini agar hasilnya maksimal," ungkapnya.

Ditambahkan Riduan, seluruh peserta Paskibraka juga memperoleh pembinaan di Gedung Diklat BKPP ini.

"Mereka juga ditempatkan di sini selama pelatihan dan memperoleh pengamanan dari Satpol PP, TNI, Polri dan memperoleh pelayanan kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu dan terus kita berikan pembinaan mental dan fisik," jelasnya.

Sebagai informasi, sebut Riduan, dari 48 peserta Paskibra akan dibagi menjadi 2 sesi, 24 peserta sesi pertama bertugas sebagai pengibar penaikan bendera dan 24 peserta sesi kedua bertugas sebagai pasukan penurun bendera.