PALAS - Dinas Pendidikan Provinsi Sumut melalui Cabang Dinas Pendidikan Gunung Tua menggelar sosialisasi asesment nasional berbasis komputer di Desa Paringgonan, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padanglawas, Kamis (22/7/2021).
Kegiatan tersebut diikuti 28 orang peserta yaitu proktor SMA dan SMK se Kabupaten Palas.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumut Cabang Gunung Tua, Maradoli Hasibuan mengatakan sosialisasi asesment nasional berbasis komputer merupakan tindak lanjut dari program yang sudah dicanangkan Mendikbud sebagai pengganti ujian nasional berbasis komputer.

Kata Maradoli, hal ini sebagai tujuan memerdekakan siswa dalam belajar pada pelaksanaan ujian nasional. Dengan tujuan untuk mengevaluasi capaian hasil belajar siswa secara individu yang menjadi salah satu penentu kelulusan bagi siswa,jelas Maradoli.

"Tujuan dari asesment nasional berbasis komputer ini untuk mengevaluasi mutu sistem pendidikan di Indonesia. Asesment nasional berbasis komputer tidak diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan melainkan ditengah jenjang pendidikan untuk kelas XI," katanya.

Ia menambahkan, pemateri kegiatan ini dihadiri dari se MSI Proktor Asesment Nasional, Rinto Hasian Nasution yang juga dihadiri para kepala sekolah dan Cabang Dinas Pendidikan Gunung Tua.