SAMOSIR - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Samosir realisasi perbaikan jalan di 3 desa berupa pengerasan badan jalan dengan pasir batu (Sirtu) sebagai wujud dari program kerja 100 hari pemerintahan Bupati, Vandiko Timotius Gultom dan Wakil Bupati, Martua Sitanggang.
Lewat pesan WhatsApp, Selasa (20/7/2021) melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Samosir, Sekretaris Dinas PUPR Samosir, Edison Pasaribu menyampaikan, tujuan utamanya untuk percepatan akses jalan agar biaya umum perjalanan menjadi serendah-rendahnya dan mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah pedesaan.

"Agar pertumbuhannya tidak terhambat oleh kurang memadainya prasarana transportasi jalan," terangnya.

Peranan jalan perdesaan, lanjut Edison, dapat berfungsi sebagai penghubung antar desa, dan penghubung desa ke jalan lokal.

Diutarakan, pembangunan jalan itu salah satu upaya pendukung pencapaian visi Bupati dan Wakil Bupati Samosir khususnya dalam hal bermartabat secara ekonomi yang didalamnya termasuk perbaikan infrastruktur jalan pedesaan guna memperlancar transportasi untuk pengangkutan hasil-hasil pertanian, sekaligus mendukung akses desa wisata bagi para pelaku perjalanan wisata.

Diharapkan, pelaksanaan pembangunan jalan pedesaan itu berjalan sesuai perencanaan pembangunan desa secara konseptual, gradual, dan berkesinambungan untuk tercapainya masyarakat Samosir yang sejahtera dan bermartabat secara ekonomi, kesehatan, dan pendidikan.

Adapun tiga desa yang tengah dibangun, yakni jalan penghubung dari Desa Salaon Tonga menuju Desa Salaon Toba, Kecamatan Ronggurnihuta, jalan Desa Parbaba Dolok, Kecamatan Pangururan, dan jalan di Sitao-tao, Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Pangururan.