TAPUT - PT. Toba Pulp Lestari (TPL) berikan bantuan bibit alpukat sebanyak 450 batang kepada kelompok tani Hutan Marsitogutoguan Lobu Nauli, Senin (19/7/2021) Dusun Lobi Nauli Desa Sabungan Ni Huta IV Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara (Taput),Sumut. Dimana kelompok tani tersebut telah terjalin kemitraan dengan TPL.

Benriko Purba, Devisi Tanaman kehidupan dan introgrop PT.TPL mengatakan di tengah pertemuan kemitraan antar kelompok menyampaikan akan fokus memberikan bibit tanaman seperti alpukat.

"TPL sekarang memberikan bibit alpukat bukanlah bibit biasa akan tetapi bibit unggul. 450 batang dulu diberikan kepada Kelompok Tani Hutan Marsitogutoguan Lobu Nauli kedepan kita tambah," ujar Benriko

Selain penyerahan bibit, dikatakan pula kedepan TPL juga akan melakukan Perawatan untuk pembasmian jamur hingga tumbuh berkembang dengan baik. Setelah berhasil baru ditinggalkan kepada masyarakat. Disamping itupun kelompok tani juga dipantau, Karena ada bibit diterima tapi tidak ditanam hingga mati.

"Intinya pihak TPL siap mengurus hingga tumbuh besar hingga berbuah dan dikembalikan kepada masyarakat," terangnya

Lebih lanjut dikatakan, sekarang ini masih ada 3 kelompok tani yang belum menerima bantuan dengan lahan seluas 20 hektar. Namun ada kendala yaitu adanya klaim tanah adat. Kendati demikian TPL tetap melakukan yang terbaik.

Sementara itu, Kristof Munthe juga dari TPL menyampaikan kelompok tani Hutan Marsitogutoguan Lobu Nauli nantinya harus memberikan nama-nama penerima bibit alpukat. Agar pihak PT.TPL lebih mudah mencek lokasi dan bisa merawat tanaman alpokat lebih baik.

"Kita juga sudah memberikan bantuan dari TPL kepada Dusun Aek Napa yaitu bibit Kopi sebanyak 3000 batang, bibit Kemenyan sebanyak 1500 batang, bibit Pohon Aren,bibit pohon kulit manis, juga bibit Alpukat ada," ucap Kristof.

Sementara itu Ketua Kelompok tani hutan Marsitogutoguan lobu nauli A Simanjuntak didampingi Bendahara Darman K Siburian, mengucapkan terima kasih kepada TPL yang memberikan perhatian kepada kelompok tani di Dusun Lobu Nauli Desa Sabungan Ni Huta IV dengan bantuan bibit alpukat.

Dia berharap ke depan dapat melakukan tanaman tumpang sari. Agar ada tanaman dilahan kosong. Dan dengan adanya bibit alpukat yang diberikan, masyarakat dapat melaksanakan kegiatan untuk menanam.

Kepala Desa (Kades) Partomuan Simanjuntak mengapresiasi TPL yang sudah memberikan perhatian kepada kelompok tani didesanya, yang selama ini kemitraan cukup bagus. Karena telah melakukan perhatian serius dikonvesasi TPL.

"Kalaupun masih ada belum tersentuh. Kami akan lakukan koordinasi dulu. Apa permintaan mereka, dan bantuan itu disaat seperti ini sangat membantu masyarakat," tutur Kades.

Kades sangat berharap perhatian lebih lanjutnya agar jangan sia sia kemitraan selama ini dengan pihak TPL. Dan untuk memantapkan kemitraan, kades menghimbau kelompok tani memberikan nama-nama penerima bibit kepada TPL.

Sebelumnya pihak TPL juga telah memberikan perhatian di Dusun Aek Napa dengan memberikan bibit-bibit tanaman lain. Dan selalu koordinasi dengan dusun lain untuk dapat memberi bantuan bibit tanaman.