KARO - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karo mengamankan puluhan batang pohon ganja siap panen di Desa Ajijahe, Kecamatan Tiga Panah, Rabu (14/7) sekira pukul 16.30. Sebelumnya personel BNNK mendapat informasi dari masyarakat mengenai penemuan ladang ganja yang terletak tepat di tepi jurang dan perbukitan di wilayah yang biasa disebut Juma pintu. Di mana, lokasi temuan ladang ganja tersebut merupakan hutan adat yang tidak dikelola dan diusahai dengan kemiringan tanah 45 derajat.

Saat itu juga personel BNNK Karo langsung melakukan penyelidikan di perladangan Juma Pintu Desa Ajijahe. Dari hasil penyelidikan ditemukan satu hamparan lokasi penanaman pohon ganja tepatnya di pinggir jurang, namun belum ditemukan pelaku yang melakukan penanaman pohon ganja tersebut.

Selama seminggu personel pemberantasan BNNK Karo melakukan penyelidikan lanjutan di lokasi perladangan Juma Pintu Desa Ajijahe untuk mencari tahu pelaku penanaman pohon ganja tersebut.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan oleh BNNK Karo antara lain 41 pohon ganja meliputi batang, daun, dan akar dengan tinggi rata-rata 3-4 meter. Selain itu ada 35 batang bambu yang telah di belah untuk menopang pohon ganja.

Kepala BNNK Karo AKBP Heppi Karo-karo melalui Kasi Berantas Kompol Robinson Ginting kepada wartawan, Kamis (15/7/2021) membenarkan penemuan ladang ganja tersebut.

"Barang bukti diamankan dan dibawa ke kantor BNNK Karo, jalan Pahlawan, Kabanjahe, guna proses hukum lebih lanjut," pungkas Ginting.