LANGKAT - Ketua PKK Langkat Ny Tio Rita Terbit Rencana PA, direncanakan akan meninjau dan melihat langsung pengelolaan sampah di Desa Perkebunan Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, Jumat (16/7/2021). Demikian disampaikan Ketua Sumatra Trash Bank Sampah Bukit Lawang Hanzalah Rangkuti saat ditemui bersama rekannya Saddam Husein Ginting, Rangkuti, Kamis (15/7/2021) di Bukit Lawang.

Hanzalah menjelaskan, lembaga yang dibinanya telah berdiri sejak 23 Nopember 2020. Di mana, saat itu hanya 6 orang sebagai pendiri, yakni Hanzalah Rangkuti (ketua) Permadi, Raiya, Witri, Mulianto, dan Sadam Husen Ginting (sekretaris) dan dibantu beberapa volunter dan Imam Rozi sebagai manager.

"Kini berkembang, meski awalnya kurang diminati akibat minimnya kesadaran masyarakat tentang pengelolaan sampah," jelasnya.

Dia mengaku, total sampah plastik yang terkumpul saat ini sudah mencapai 1.2 ton, sedangkan botol seberat 800 kg.

"Sampah yang terkumpul ini dibeli dan dipungut di lingkungan pemukiman masyarakat. Kita juga telah bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Langkat. Ada 40 set tong sampah kita sebar di beberapa titik pemukiman masyarakat, sehingga mempercepat kita mendapatkan sampah sampah yang ada," tandasnya.

Hanzalah menerangkan, sampah ini bernilai ekonomis dan bisa menambah pemasukan keluarga di samping memperindah estetika maupun keramahan lingkungan.

Untuk itu, dia mengedukasi masyarakat agar jangan membuang sampah secara sembarangan.