TAPUT - Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Indra Simaremare, bersama Ketua Komisi.A Ombun Simanjuntak menyambut kunjungan kerja Bupati Serdang Bedagai H.Darma Wijaya dan rombongan, Selasa (13/7/2021). Bupati Sergai yang didampingi Sekda H.Muh.Faisal Hasmiri, Ketua Komisi A DPRD Sergai Togar Situmorang dan beberapa pimpinan OPD serta seluruh camat juga sejumlah kepala desa Kabupaten Sergai melakukan kunjungan studi tiru ke Taput.

Kedatangan rombongan Bupati Sergai terkait terobosan yang dilakukan Pemkab Taput mengenai data desa presisi yang bekerjasama dengan Tim Institut Pertanian Bogor (IPB).

Dalam sambutannya di Aula Martua Kantor Bupati Taput, Indra Simaremare menyampaikan, program pembangunan di segala lini kehidupan akan menjadi tepat guna, tepat sasaran, akuntabel dan transparan apabila didukung oleh basis data yang terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Data Desa Presisi memiliki tingkat akurasi dan ketepatan yang tinggi untuk memberikan gambaran kondisi aktual desa yang sesungguhnya. Kemudian data ini di ambil, divalidasi, dan diverifikasi oleh pemerintah desa dan perangkat desa," ujar Indra

Data desa presisi ini, sambung dia, merupakan inovasi yang kedepannya akan mengakhiri polemik data. Dengan adanya data desa presisi ini, diharapkan penyaluran bantuan makin tepat sasaran. Termasuk informasi mengenai jumlah keluarga, jumlah penduduk akan benar-benar sesuai dengan realitas di lapangan.

Di sisi lain, Kepala Bappeda Luhut Aritonang dalam paparannya menyampaikan, kriteria bagaimana setiap desa untuk pencapaian data desa presisi, serta langkah langkah yang perlu di lakukan atas syarat sebagai Desa Presisi.

"Juga bagaimana menyakinkan masyarakat untuk membutuhkan data data yang valid sebagai salah satu syarat pencapaian desa presisi. Yakni dengan melakukan pendekatan, sosialisasi, pelatihan dan rapat agar terwujud data," terangnya.

Sementara, Bupati Serdang Bedagai H.Darma Wijaya sangat mengapresiasi terobosan maupun pencapaian data desa presisi yang dilakukan oleh Kabupaten Tapanuli Utara.

"Semoga dengan studi tiru ini dapat bermanfaat bagi kami Kabupaten Serdang Bedagai. Kalau desanya Maju pasti Kabupatennya juga ikut maju itu salah satu kunci keberhasilan pembangunan di sebuah Kabupaten," tutur Darma Wijaya dalam sambutannya.

Selanjutnya, Darma Wijaya menerangkan, kondisi geografis di Kabupaten Serdang Bedagai baik dari sisi perkebunan, pertanian dan peternakan.

Kedatangan mereka untuk melakukan studi tiru atas desa presisi ke Taput adalah sebagai contoh yang akan diterapkan di Kabupaten Serdang Bedagai.

"Semoga nantinya dapat kami terapkan bagi desa desa yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai sebanyak 237 desa," tutup Bupati Sergai.